Iklan dempo dalam berita

10 Jajanan Pasar Tradisional Berikut Semuanya Berbahan Dasar dari Singkong Alias Ubi

10 Jajanan Pasar Tradisional Berikut Semuanya Berbahan Dasar dari Singkong Alias Ubi

foto istimewa dan hanya sebagai ilustrasi --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Salah satu poin keragaman Indonesia yang patut dilestarikan adalah makanan tradisional yang resepnya sudah diterapkan sejak era nenek moyang, zaman dahulu biasanya orang- orang membuat makanan dengan memanfaatkan bahan yang mudah diperoleh dari tumbuhan di dekat rumah.

Salah satu bahan utama yang banyak diolah menjadi makanan dan cemilan dari zaman ke zaman adalah singkong. Singkong adalah tumbuhan yang dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, dan dikenal dengan nama yang berbeda-beda di berbagai negara, seperti cassava, yucca, dan manioc.

BACA JUGA:Mengenal Kue Cucur Ringgit Khas Seluma

Singkong bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti direbus, dikukus, digoreng, atau diolah menjadi tepung. Singkong juga menjadi bahan dasar untuk berbagai makanan seperti kue, roti, mi, dan keripik. Adapun manfaat singkong bagi kesehatan, yaitu membantu meningkatkan energi dan stamina serta sistem pencernaan.

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang punya nama latin Manihot utilissima dan jadi salah satu bahan makanan populer yang banyak dikonsumsi di Indonesia, terdapat banyak jajanan tradisional yang menggunakan bahan dasar singkong. Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang kaya karbohidrat yang bisa jadi bahan pengganti nasi yang cukup mengenyangkan.

BACA JUGA:Terkenal Khas Pempek, Tapi 12 Jenis Kue basah Ini Khas Palembang Ini Diyakini Bikin Lidah Ketagihan

Banyak jajanan tradisonal yang dibuat dari olahan bahan dasar singkong, yaitu

1. Tape

Tape adalah salah satu makanan fermentasi tradisional yang populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari singkong dan ketan, yang punya cita rasa khasnya tersendiri yaitu aromanya yang alkoholik, punya rasa manis dan sedikit asam dengan tekstur lunak dan berair.

2. Tiwul

Tiwul merupakan makanan tradisional yang masih banyak ditemukan di daerah Jawa. Tiwul sering disantap sebagai pengganti nasi yang cukup mengenyangkan dan terbuat dari singkong yang dijemur sampai kering.

Ketika singkong sudah dijemur kering maka disebut dengan gaplek yang ditumbuk halus lalu dikukus sampai matang.

3. Getuk

Getuk adalah jajanan pasar yang sudah dikenal sejak zaman dulu dan masih banyak dengan mudah ditemukan di beberapa kota besar Indonesia. Getuk terbagi jadi dua jenis, salah satunya adalah getuk goreng sedangkan getuk yang dikukus dikenal dengan nama getuk lindri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: