Iklan dempo dalam berita

Orang Medan Merapat, Pasti Suka dengan Dolung-dolung, Berikut Kue Khas Medan yang Menggugah Selera

Orang Medan Merapat, Pasti Suka dengan Dolung-dolung, Berikut Kue Khas Medan yang Menggugah Selera

Foto istimewa: deretan kue khas Kota Medan--

6. Huat Kue

Huat Kue sepintas mirip dengan kue mangkuk, jajanan tradisional yang terinspirasi dari kuliner China ini tampil dengan warna pink cerah. Sering dihidangkan dalam perayaan keagamaan, tekstur kudapan yang satu ini cukup lembut dengan citarasa manis

7. Sagulonceng

Sagulonceng memiliki bentuk yang unik, mirip lonceng dengan tekstur unik yang berasal dari sagu mutiara. Warnanya hijau cerah lengkap dengan aroma pandan yang menggugah selera. Gurih santan bertemu isian yang manis dari kelapa parut dan gula merah dijamin bikin ketagihan. 

BACA JUGA:HP Nokia C210 Harga Rp1 jutaan, Rekomendasi untuk Kalangan Pelajar

8. Bika Ambon

Bika Ambon merupakan kue khas Medan yang paling terkenal. Banyak yang mengira kalau bika Ambon ini berasal dari Ambon, Maluku karena namanya.

Tapi sebenarnya kue ini asli berasal dari Medan. Bika Ambon memiliki warna kuning cerah yang sangat menggoda dengan tekstur unik yang berongga-rongga di dalamnya. 

Cita rasanya sangat manis dan legit. Biasanya kue ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan dijual dalam bentuk satu loyang utuh berbentuk kotak persegi.

9. Dolung-dolung

Dolung-dolung tak jauh berbeda dengan kue lappet karena bahan pembuatannya juga terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Hanya saja dolung-dolung mencampur semua isian menjadi satu lalu membungkusnya dalam daun bambu dengan bentuk yang sangat unik sebelum dikukus hingga matang. 

BACA JUGA:Dibuka Untuk Lulusan SMA, Peluang Kerja F&B Indonesia Desember 2023, Daftar Segera

10. Itak Gurgur

Masih sama-sama berbahan dasar tepung beras, Itak gurgur memiliki campuran kelapa parut yang dominan serta tambahan gula pasir atau gula aren. Cara pembuatannya juga sangat mudah dan cukup unik karena setelah adonan tercampur rata, selanjutnya adonan digepal dengan tangan lalu dikukus sebentar sehingga tekstur adonannya tidak terlalu lembut seperti ombus-ombus.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: