Iklan dempo dalam berita

Tumbuhnya Mudah, Lidah Buaya Tidak hanya Baik untuk Kulit Namun juga Cepat Menyembuhkan Jerawat

Tumbuhnya Mudah, Lidah Buaya Tidak hanya Baik untuk Kulit Namun juga Cepat Menyembuhkan Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk jerawat dan kulit--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Lidah buaya merupakan salah satu tanaman rumah tangga yang banyak dan mudahnya tumbuh di pekarangan rumah. Lidah buaya dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan kulit, karena terdapat kandungan anti-inflamasi serta dapat membantu melembapkan kulit.

Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mengolah lidah buaya menjadi masker wajah. Manfaat masker lidah buaya dapat mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk jerawat, eksim, hingga kulit yang mengalami luka bakar.

BACA JUGA:Syarat Mudah, Inilah 10 Cara Pinjam Uang di Aplikasi OVO, Pasti Cepat Cair

Lidah buaya memang sudah sejak lama dikenal bermanfaat bagi kesehatan kulit, termasuk membantu mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat. Gel dari daun lidah buaya terbukti membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan di kulit. 

Hal tersebut juga terbukti dengan begitu banyaknya produk kecantikan yang komposisinya menggunakan ektra lidah buaya.

Kandungan lupeol, asam salisilat, nitrogen, hingga fenol dan sulfur dalam lidah buaya saling bekerja sama membunuh bakteri penyebab jerawat.

Berdasarkan hasil dari penelitian, menunjukkan bahwa krim tretinoin yang dikombinasikan dengan gel lidah buaya bisa lebih cepat menghilangkan jerawat, dibandingkan hanya menggunakan tretinoin saja.

BACA JUGA:Mirip Tas, HP Lipat Honor V Purse Seharga Rp14 juta Ini Bikin Tampilan Anda Semakin Trendi, Ini Fiturnya

Cara kerja lidah buaya dalam menyembuhkan jerawat adalah, lidah buaya mengandung giberelin dan polikasarida yang membantu mengunci kelembapan di kulit. Polisakarida di lidah buaya merangsang fibroblas untuk menghasilkan serat kolagen dan elastin agar kulit lebih elastis. 

Senyawa ini juga memiliki efek kohesif pada sel lapisan terluar kulit. Artinya, kulit akan lebih cepat mengelupas dan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih lembut.  Oleh sebab itu, lidah buaya dapat membantu menyamarkan bekas luka. 

Bahkan, polisakarida dan giberelin juga bertindak sebagai antibakteri untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Keduanya membantu menghilangkan minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati dan bakteri yang menyumbat pori-pori. 

BACA JUGA:Terbuka 12 Posisi Terbaru, Lowongan Kerja Jawa Timur Desember 2023, Daftar Segera Jangan Dilewatkan

Selain itu, lidah buaya juga bersifat anti peradangan alami dan antioksidan yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berkaitan dengan jerawat.

Maka dari itu, penggunaan gel lidah buaya dipercaya untuk membantu mengobati jenis jerawat ringan hingga sedang. Meski begitu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengenal manfaat lidah buaya beserta efek sampingnya sebagai obat jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: