Iklan dempo dalam berita

Tanda Kiamat Sugra, Salah Satunya Banyak Bencana Alam di Muka Bumi

Tanda Kiamat Sugra, Salah Satunya Banyak Bencana Alam di Muka Bumi

Tanda Kiamat Sugra, Salah Satunya Banyak Bencana Alam di Muka Bumi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kiamat adalah satu di antara Rukun Iman dalam Islam. Seorang muslim yang beriman wajib memercayai kedatangan hari kiamat atau hari akhir, agar dapat terus memacu dirinya untuk berusaha mengerjakan segala amal saleh dan juga agar selalu bertakwa kepada Allah AWT semasa hidupnya. Sebab, hari akhir atau hari kiamat masuk ke dalam Rukun Iman yang ke- 5.

Islam membagi kiamat menjadi dua, yaitu kiamat kubra dan kiamat sugra. Kiamat kubra adalah kiamat yang hanya akan terjadi sekali, sedangkan kiamat sugra dapat terjadi berkai- kali dalam kehidupan.

BACA JUGA:Manusia Paling Mulia, Dia yang Pertama Dibangkitkan Setelah Kiamat dan Dijemput Malaikat

Kiamat Sugra sering kali merujuk pada tanda-tanda kecil yang akan muncul menjelang kiamat kubra. Ini mencakup peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di dunia sebelum datangnya hari kiamat sesungguhnya.

Kiamat sugra dapat dilihat dari tanda-tanda, seperti terjadinya kerusakan alam, meninggalnya manusia, dan lain sebagainya. Kiamat sugra bisa diartikan juga sebagai tanda berakhirnya kehidupan seseorang.

BACA JUGA:Manusia Paling Beruntung, 7 Golongan yang Selamat saat Hari Kiamat Nanti, Ternyata Ini Sebabnya

Kiamat sugra berfungsi sebagai pengingat untuk manusia, dengan terjadinya kiamat sugra maka manusia akan senantiasa mengingat dan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT Sang Pencipta Alam.

Dalam agama Islam, terdapat berbagai dalil atau bukti dari hadis dan Al-Quran yang merujuk pada kiamat sugra. Beberapa di antaranya adalah:

BACA JUGA:Mungkinkah saat Ini Tanda Kiamat sedang Berlangsung? Banyak Penceramah tapi Sedikit Ulama

1. Surah Al-Hajj ayat 7,

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ ٧

Artinya: "Sesungguhnya kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur."

2. Surah Asy Syura ayat 30,

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ ٣٠

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: