Iklan dempo dalam berita

Link Daftar Bintara dan Tamtama TNI AL Gelombang I Tahun 2024, Ini Perbedaan Bintara dan Tamtama

Link Daftar Bintara dan Tamtama TNI AL Gelombang I Tahun 2024, Ini Perbedaan Bintara dan Tamtama

Link Daftar Bintara dan Tamtama TNI AL Gelombang I Tahun 2024--Foto istimewa

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Pendaftaran Bintara dan Tamtama Prajurit Karier Tentara Nasional Indonesia (PK TNI) Angkatan Laut masih dibuka hingga 4 Januari 2024. Namun kedua pangkat tersebut memiliki perbedaan, sebenarnya apa yang membedakan antara Bintara dan Tamtama? Berikut pembahasannya.

BACA JUGA:Segini Besaran Gaji Tamtama TNI AL Berdasarkan Pangkat dan Masa Kerja, Cek juga Tunjangannya

Jadi untuk pendaftaran rekrutmen pendaftaran Bintara dan Tamtama bisa langsung mendaftar di link berikut, Pendaftaran online dilakukan melalui website al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran.

Adapun berikut ini perbedaan Bintara dan Tamtama TNI AL, yakni:

1. Syarat Masuk

Hal pertama yang membedakan keduanya yakni syarat masuk. Untuk syarat masuk bagi Tamtama adalah paling minimal berpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara Bintara, minimalnya berijazah Sekolah Menengah Atas (SMA).

2. Durasi Pelatihan atau Pendidikan

Perbedaan selanjutnya yakni pelatihan atau pendidikan. Nah, untuk pelatihan Tamtama dikenal juga dengan istilah Sekolah Calon Tamtama (Secata) yang berlangsung selama tujuh bulan.  Yakni pada empat bulan pertama untuk pelatihan dasar, sedangkan tiga bulan berikutnya untuk infanteri, kavaleri, penerbang atau pelaut.

Sedangkan pelatihan untuk Bintara dikenal dengan istilah Sekolah Calon Bintara (Secaba) yang berlangsung selama lima bulan saja.

3. Pangkat dan Gaji Pokok Pertama

Kemudian dari segi gaji, yakni di TNI AL lulusan Secata atau Tamtama akan memperoleh pangkat Kelasi Dua dengan besaran gaji pokok sekitar Rp1.643.500 - Rp2.538.100. 

Sedangkan, lulusan Secaba atau Bintara akan memperoleh pangkat Sersan Dua dengan kisaran gaji sebesar Rp2.103.700 - Rp 3.457.100.

4. Lambang

Untuk pangkat TNI AL Bintara dan Tamtama tentu berbeda. Untuk Sersan Dua pada Bintara memiliki lambang berupa dua garis seperti huruf V berwarna keemasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: