Iklan RBTV Dalam Berita

Ketika Malaikat Israfil Meniup Sangkakala Keduanya, Alam Semesta Hancur dan Itulah Kiamat Kubra

Ketika Malaikat Israfil Meniup Sangkakala Keduanya, Alam Semesta Hancur dan Itulah Kiamat Kubra

Ketika Malaikat Israfil Meniup Sangkakala Keduanya, Alam Semesta Hancur dan Itulah Kiamat Kubra--Foto ilustrasi

Dalam surat Al-Kahfi ayat 94, Allah SWT menyebutkan Ya'juj dan Ma'juj, dua bangsa yang menyebabkan kerusakan di bumi. 

قَالُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰٓى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

Artinya: Mereka (Ya'juj dan Ma'juj) berkata, 'Hai Zulkarnain, sesungguhnya Ya'juj dan Ma'juj adalah orang-orang yang membuat kerusakan di bumi. Bolehkah kami membayar upah untukmu agar kamu membangun dinding antara kami dan mereka?' (QS. Al-Kahfi ayat 94)

3. Hancurnya Ka'bah

Tanda akan tiba hari kiamat berikutnya adalah hancurnya Ka'bah. 

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Hakim dan Abu Ya'la dari Abu Sa'id Al Khudri. Rasulullah SAW bersabda, "Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Ka'bah ini tidak lagi didatangi oleh orang-orang untuk melaksanakan ibadah haji." Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Bukhari, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Ka'bah akan diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah."

4. Kemunculan Imam Mahdi

Munculnya Imam Mahdi merupakan salah satu tanda kiamat kubra yang dijelaskan dalam hadits riwayat Al Hakim. Rasulullah SAW bersabda, "Imam Mahdi akan muncul di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, menumbuhkan tanaman di bumi, membagi harta secara adil, meningkatkan populasi hewan ternak, dan umat akan bertambah besar. Imam Mahdi akan hidup selama 7 atau 8 tahun."

5. Dajjal

Selain kemunculan Imam Mahdi, munculnya Dajjal juga disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dajjal disebut juga sebagai penyebar fitnah di bumi. Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, Rasulullah bersabda, "Tidak ada makhluk yang fitnahnya lebih besar daripada Dajjal, mulai dari Adam hingga hari kiamat."

6. Munculnya Api 

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, kemunculan api menjadi salah satu tanda kiamat. Api tersebut akan memimpin manusia menuju tempat pertemuan mereka. "Yang terakhir adalah api yang keluar dari Yaman dan menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul."

7. Nabi Isa AS 

Dalam Al-Qur'an, surat An-Nisa ayat 159, Allah SWT berfirman bahwa Nabi Isa akan muncul kembali di dunia dan menjadi saksi bagi umat manusia. 

 

وَاِنْ مِّنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ اِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهٖ قَبْلَ مَوْتِهٖ ۚوَيَوْمَ الْقِيٰمَةِ يَكُوْنُ عَلَيْهِمْ شَهِيْدًاۚ

Artinya: Setiap Ahli Kitab akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya, dan pada hari Kiamat, Isa akan menjadi saksi bagi mereka. (QS. An-Nisa ayat 157)

8. Kemunculan Dabbah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: