Iklan dempo dalam berita

Ekonomi Masyarakat Masih Sulit, Segini Tarif Listrik Hingga Maret 2023

Ekonomi Masyarakat Masih Sulit, Segini Tarif Listrik Hingga Maret 2023

Foto Ist_Ekonomi Masyarakat Masih Sulit, Segini Tarif Listrik Hingga Maret 2023--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Listrik sebagai kebutuhan mendasar, selalu menjadi perhatian masyarakat. Khususnya tarif yang diberlakukan pemerintah. Saat kondisi ekonomi yang semakin sulit seperti sekarang, masyarakat berharap tidak ada kenaikan tarif.

BACA JUGA:Beli Gas 3 Kg Wajib Pakai KTP, Begini Caranya

Untuk periode Januari hingga Maret 2023 ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memutuskan tidak menaikan tarif untuk 13 pelanggan nonsubsidi, meskipun indikator makro kembali menguat pada akhir tahun lalu. 

Plt. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, keputusan tidak menaikan tarif diambil untuk mempertahankan daya beli masyarakat di tengah momentum pemulihan perekonomian nasional dari pandemi covid. “Pemerintah memutuskan tarif tenaga listrik triwulan I/2023 untuk pelanggan nonsubsidi mengacu pada tarif triwulan IV/2022 atau tarif tetap," kata Dadan 

BACA JUGA:Menag RI Usulkan Rerata Bipih Rp 69 Juta per Jemaah Haji, Ini Alasannya

Adapun, realisasi parameter ekonomi makro rata-rata Agustus sampai dengan Oktober 2022 terdiri atas kurs sebesar Rp15.079,96 per dolar AS, Indonesian Crude Price (ICP) sebesar US$89,78 per barel, tingkat inflasi mencapai 0,28 persen, dan harga patokan batu bara (HPB) sebesar Rp920,41 per kilogram dengan ditopang kebijakan harga DMO batu bara US$70 per ton. 

BACA JUGA:Perwira AL dari Bengkulu yang Cemerlang, Ini Profil Laksda Irvansyah yang Dipromosi Panglima TNI

Berdasarkan perubahan empat parameter tersebut, dikatakan Dadan seharusnya tarif tenaga listrik triwulan I tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan tarif triwulan IV tahun lalu. Namun, kenaikan tersebut tidak dilakukan demi menjaga daya beli masyarakat. "Adapun tarif tenaga listrik untuk 25 golongan pelanggan bersubsidi lainnya juga tidak mengalami perubahan, besaran tarifnya tetap. Sebanyak 25 golongan pelanggan ini tetap diberikan subsidi listrik, termasuk di dalamnya pelanggan yang peruntukan listriknya bagi UMKM,” ujar Dadan.

BACA JUGA:Luhut: Seluruh BBM akan Gunakan Minyak Sawit

Berdasarkan penetapan penyesuaian tarif tenaga listrik PLN periode Oktober-Desember 2022 yang kembali jadi acuan untuk tarif listrik triwulan pertama tahun depan, pemerintah mentapkan besaran tarif tenaga listrik nonsubsidi mendatang sebagai berikut : 

Berikut daftar lengkap tarif tenaga listrik pelanggan PLN nonsubsidi untuk Januari-Maret 2023: 

1. Golongan R-1/TR daya 900 VA, Rp 1.352 per kWh. 

2. Golongan R-1/ TR daya 1.300 VA, Rp 1.444,70 per kWh. 

3. Golongan R-1/ TR daya 2.200 VA, Rp 1.444,70 per kWh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: