Iklan dempo dalam berita

Wajib Tahu, Ini 9 Tips dan Trik Penggunaan Kulkas yang Tepat Bisa Bikin Listrik Hemat

Wajib Tahu, Ini 9 Tips dan Trik Penggunaan Kulkas yang Tepat Bisa Bikin Listrik Hemat

Wajib Tahu, Ini 9 Tips dan Trik Penggunaan Kulkas yang Tepat Bisa Bikin Listrik Hemat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kulkas salah satu peraatan rumah tangga yang mengonsumsi energi listrik dalam jumlah besar. Beban pemakaian listrik kulkas pun dapat menjadi penyumbang besarnya pengeluaran biaya listrik rumah tangga.

Mengetahui cara menghemat listrik kulkas bisa jadi hal esensial yang perlu kamu ketahui untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. 

BACA JUGA:5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyimpan Makanan di Kulkas, Awas Gangguan Kesehatan!

Pasalnya kulkas adalah salah satu barang elektronik di rumah yang harus menyala terus selama 24 jam. Sementara di sisi lain, tarif listrik juga cenderung selalu mengalami kenaikan.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk lebih bijak dalam menyortir pengeluaran apa yang dapat ditekan khususnya pengeluaran rutin seperti biaya listrik. Kamu pun nantinya dapat mengalokasikan jatah sisa tersebut untuk keperluan lain yang lebih esensial.

BACA JUGA:3 Alasan Jangan Sampai Menyimpan Telur di Rak Pintu Kulkas, Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghemat listrik kulkas dengan esensial, terlebih dahulu ketahui berapa saja besar daya listrik kulkas yang ada dirumah.

Lalu, berapa besar daya dan biaya listrik kulkas? 

Besarnya daya listrik kulkas untuk keperluan rumah tangga rerata berkisar antara 100 sampai 250 watt. Itu artinya, jika kulkas terus menyala sepanjang waktu selama 24 jam, maka konsumsi listrik harian mencapai 1 hingga 2 kWh.

BACA JUGA:Intip 5 Alasan Roti Tawar Sebaiknya Jangan Disimpan di Dalam Kulkas, Apa Efeknya?

Meski begitu, menghemat listrik kulkas tidak cuma sebatas pemilihan besarnya daya listrik bawaan kulkas tersebut. Ada beberapa faktor lain yang tak kalah penting memengaruhi konsumsi daya listrik seperti berikut ini:

- Kapasitas

- Makin besar kapasitas sebuah kulkas, makin besar pula konsumsi dayanya. 

- Pengaturan Suhu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: