Iklan dempo dalam berita

12 Efek Samping Kadar Gula Darah Tinggi, Dapat Menyebabkan Gangguan Ginjal serta Penglihatan

12 Efek Samping Kadar Gula Darah Tinggi, Dapat Menyebabkan Gangguan Ginjal serta Penglihatan

Efek kadar gula darah tinggi--

Gula dapat melekat pada protein aliran darah dan menciptakan molekul berbahaya yang disebut advanced glycation end products (AGEs). Molekul ini merusak kolagen dan elastin kulit sehingga menimbulkan kusam dan kerutan.

BACA JUGA:Selangkah Lagi Resmi Jadi Mitra Statistik BPS 2024, Ini Rincian Gaji yang Diterima

10. Infeksi gigi dan gusi

Gigi dan gusi bisa mengalami infeksi akibat konsumsi gula tinggi. Bakteri pada gigi akan mengubah gula menjadi asam, dan jika dibiarkan dapat merusak enamel gigi. 

Gula bisa memberi makan pertumbuhan jamur yang membuat sudut mulut atau lidah menjadi memerah. Ini membuat mulut jadi lebih sensitif terhadap rasa pedas.

11. Ginjal dan sistem kemih

Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di ginjal. Kerusakan ini mencegah ginjal menyaring limbah dari darah. Akhirnya, gagal ginjal bisa terjadi. Kondisi ini biasa disebut dengan nefropati diabetik.

BACA JUGA:Walaupun Tidak Ada Jaminan Tetap Bisa Ajukan KUR Mandiri, Begini Caranya

12.  Penglihatan

Diabetes meningkatkan risiko sejumlah masalah mata. Beberapa di antaranya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Masalah jangka pendek termasuk penglihatan kabur, karena gula darah tinggi. 

Komplikasi jangka panjang meliputi glaukoma, retinopati diabetik, edema makula, dan katarak.

Untuk menghindari semua akibat kadar gula darah tinggi, maka dianjurkan untuk harus rutin melakukan cek kesehatan dan pastikan gula darah tidak lebih dari 100 mg/dL.

 

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: