Iklan dempo dalam berita

Luka Anda Susah Sembuh Akibat Diabetes, Segera Lakukan 5 Langkah Ini agar Tidak Menyebar dan Infeksi

Luka Anda Susah Sembuh Akibat Diabetes, Segera Lakukan 5 Langkah Ini agar Tidak Menyebar dan Infeksi

5 Langkah penanganan luka akibat diabetes--

Merokok dapat meningkatkan kerentanan terhadap luka serta mengakibatkan penyembuhan yang buruk.

2. Segera obati luka. 

Jika terjadi luka pada penderita diabetes, maka bersihkan luka dengan sabun lembut dan air, oleskan salep antibiotik, dan tutupi dengan perban. Ulangi proses ini dua kali sehari dan tutupi saat mandi.

Jika ada pembengkakan, nanah yang berbau tidak enak, segera periksakan.  Biasanya, luka dangkal sembuh dalam waktu 5 hingga 7 hari. Namun jika tidak kunjung sembuh, pastikan untuk menemui dokter.

3. Jaga kadar gula darah tetap rendah. 

Sirkulasi yang buruk, neuropati, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat diperbaiki dengan pengendalian diabetes yang baik.

4. Mengurangi tekanan pada luka

Kurangi bergerak saat sedang mengalami luka, terlebih jika luka dibagian kaki. Agar luka terhindar dari tekanan yang dapat mengakibatkan luka semakin menjadi parah.

5. Hindari bertelanjang kaki saat berjalan.

Gunakan selalu alas kaki, terutama jika terdapat luka dibagian kaki. Waktu penyembuhan luka pada setiap pasien diabetes pun dapat berbeda-beda. Hal ini bergantung pada berbagai faktor, seperti tekanan pada luka saat sedang berjalan atau berdiri, kadar glukosa darah, kondisi pembengkakan, ukuran dan lokasi luka, obat yang digunakan pada area luka, dan perawatan luka. Sehingga proses penyembuhan pun dapat berlangsung dalam beberapa minggu bahkan hingga beberapa bulan.

BACA JUGA:Waspada, Jika Anda Mengalami Hal Berikut Bisa Jadi Itu Tanda Diabetes

Untuk itu, ikuti anjuran perawatan dari dokter agar luka segera membaik, serta tidak terjadi hal- hal yang lebih parah lagi.

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: