Iklan dempo dalam berita

Cair Hari Ini, BLT El Nino Rp 400 Ribu Sudah Masuk Rekening, Penerima Bisa Cek Via HP

Cair Hari Ini, BLT El Nino Rp 400 Ribu Sudah Masuk Rekening, Penerima Bisa Cek Via HP

Bansos El Nino mulai disalurkan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kabar baik untuk masyarakat, karena program BLT EL Nino sudah cair hari ini sebesar RP400 ribu. Bantuan ini diperuntukan bagi setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan total penerima sebanyak 18,8 juta KPM.

Pencairan Bantuan Langsung Tunai atau BLT dilakukan dalam menanggapi bencana kekeringan yang dipicu oleh fenomena El Nino, dengan itu Pemerintah mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan Program BLT EL Nino.

Dengan total anggaran yang mencapai Rp7,52 triliun, program BLT El Nino ini dirancang untuk memberikan dukungan finansial langsung kepada keluarga yang terdampak.

BACA JUGA:Meski Nikmat, Sarapan Telur dan Kopi Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Efek Samping yang Terjadi

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyatakan bahwa 18,8 juta keluarga akan mendapatkan manfaat dari program ini, yang dibiayai melalui alokasi tambahan dari Kementerian Keuangan.

Dalam upayanya untuk distribusi yang efisien dan cepat, Pemerintah telah menunjuk PT Pos Indonesia sebagai kanal distribusi utama.

Keputusan ini didasarkan pada kemampuan PT Pos dalam menjangkau wilayah yang luas di Indonesia dan kecepatan penyaluran yang dapat diandalkan, sehingga memastikan bantuan dapat tuntas sebelum akhir tahun.

BACA JUGA:Gaji Naik 2 Kali Lipat, KPU Seluma Buka Pendaftaran KPPS

BLT El Nino merupakan bantuan secara tunai guna meringankan beban perekonomian masyarakat untuk menghadapi dampak El Nino.

Bantuan ini termasuk paket kebijakan ekonomi yang disiapkan oleh pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat yang kurang mampu. 

BLT El Nino ini sudah dibagikan pada bulan November lalu hingga Desember 2023 ini. Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan besaran bantuannya yakni senilai Rp 200 ribu per bulan per KPM selama dua bulan berturut-turut. 

Bantuan ini akan dilakukan dalam satu transfer tunggal oleh Kementerian Sosial.

Penerima BLT El Nino dipilih berdasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), dan masyarakat dapat mengecek status penerimaan melalui situs resmi atau aplikasi "Cek Bansos".

BACA JUGA:Tabel Angsuran Kupedes BRI 2023, Pinjam Rp 50 Juta Per Bulan Cuma Bayar Rp 1 Jutaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: