Iklan dempo dalam berita

Daripada Keluar Uang Banyak, Begini Cara Merawat AC Mobil agar Tetap Awet

Daripada Keluar Uang Banyak, Begini Cara Merawat AC Mobil agar Tetap Awet

Cara merawat AC mobil agar tetap awet--

cara berikutnya agar AC mobil Anda tetap bertahan lama adalah rutin membersihkan bagian kabin mobil. Ketika kabin mobil terkena kotoran dan debu, hal tersebut dapat mengganggu performa penyejuk udara (AC). 

Dampak dari kondisi ini adalah AC menjadi tidak efisien dalam mendinginkan udara, serta udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi tidak sehat karena adanya kotoran.

BACA JUGA:Pulang Dari Pesta, 5 Pemuda Ilir Talo Dirampok dan Dikeroyok, Sepeda Motor Dirusak

Dalam AC mobil, udara di dalam kabin digunakan untuk didinginkan melalui sistem sirkulasi tertutup. Oleh karena itu, menjaga kebersihannya sangat penting agar udara yang masuk ke dalam kabin tetap bersih dan segar.

4. Rutin mengganti oli kompresor mobil

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan agar AC mobil tetap awet dan tahan adalah rutin mengganti oli kompresor. Kompresor AC mobil ini membutuhkan pelumas supaya tetap bisa bekerja secara optimal untuk menciptakan udara dingin di dalam mobil Anda.

5. Membersihkan evaporator dan kondensor AC Mobil

Selain rutin mengganti oli kompresor, Anda perlu membersihkan evaporator dan kondensor AC secara berkala. Evaporator dan kondensor ini merupakan dua komponen penting pada AC yang berfungsi menyerap panas dari udara agar bisa menghasilkan udara dingin di mobil.

BACA JUGA:Fresh Graduate Merapat, PT Kawasaki Motor Indonesia Buka Lowongan Kerja, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Dua komponen ini perlu Anda cuci secara berkala agar tidak kotor, sehingga performa AC mobil tetap terjaga sehingga menghasilkan udara yang baik dan sejuk.

6. Cek filter kabin Mobil

Cara lain yang dapat Anda lakukan agar AC mobil Anda tetap awet dan tahan lama adalah mengecek filter kabin. Pengecekan ini bertujuan supaya AC mobil tetap awet. Sebab, bagian filter ini berfungsi menyaring udara dalam kabin saat Anda menggunakan AC mobil.

Selain dibersihkan, Anda juga perlu mengganti komponen filter udara secara bertahap agar tetap menghasilkan udara yang bersih dan suhu dingin yang sehat.

7. Gunakan suhu ideal

Cara terakhir yang dapat dilakukan agar AC mobil tetap awet dan tahan lama adalah mengatur suhu ideal. Suhu AC untuk mobil harus diatur dengan baik dan sesuai penggunaan, hal ini bertujuan supaya kompresor di dalamnya tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan mobil Anda sehingga berisiko merusak mesin AC mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: