Iklan dempo dalam berita

Dikenal Sebagai Suku Tertua di Indonesia, Tato Suku Mentawai Dianggap Sebagai Tradisi Tato Tertua di Dunia

Dikenal Sebagai Suku Tertua di Indonesia, Tato Suku Mentawai Dianggap Sebagai Tradisi Tato Tertua di Dunia

Motif khas yang dikenal sebagai tato Mentawai--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Suku Mentawai merupakan salah satu dari banyaknya suku yang mendiami Indonesia. Suku Mentawai adalah nama salah satu suku yang menetap di Kepulauan Mentawai, Pulau Siberut, Sumatera Barat. Suku ini dikenal sebagai suku tertua yang ada di Indonesia yang memiliki tradisi tato Mentawai yang sangat terkenal.

BACA JUGA:Pria di Suku Ini Berlomba Jadi Gemuk, Makin Gendut Kian Tampan dan Dapat Penghargaan

Pada umunya, jika seseorang yang melukiskan tato di badannya akan mendapatkan penilaian negatif dari masyarakat.  Namun, itu tidak berlaku bagi suku Mentawai, mereka melukiskan tato pada tubuh mereka karena sebuah tradisi. Bahkan biasanya orang- orang suku mentawai akan memenuhi tubuh mereka dengan tato dari kepala hingga ujung kaki. Tato juga merupakan identitas bagi mereka.

BACA JUGA:Suku Bunga Kompetitif, Program Non KUR di Bank Mandiri Solusi Tidak Dapat Pinjaman KUR

Tato yang melekat di sekujur tubuh terkait dengan peran dan status sosial penggunanya, dan setiap tato punya cerita, makna, serta selalu diiringi ritual saat pembuatannya. Seni tato atau disebut juga seni rajah dalam suku Mentawai pertama kali ditemukan dalam catatan tulisan James Cook di tahun 1769. Encyclopaedia Britanniica sendiri mencatat tato tertua ditemukan pada mumi di Mesir (1300 SM).

Namun, Suku Mentawai dikenal sebagai bangsa Proto Melayu yang datang dari daratan Asia atau Indocina yaitu Yunan pada zaman logam tahun 1500 SM-500 M. Dalam seni budaya dongson di Vietnam ditemukan kemiripan tato Mentawai. Tidak sembarang tato, setiap motif yang dilukiskan di badan mereka memiliki filosofi tertentu. Selain itu, tato milik suku Mentawai ini dianggap sebagai tradisi tato tertua di dunia.

BACA JUGA:Pria di Suku Ini Berlomba Jadi Gemuk, Makin Gendut Kian Tampan dan Dapat Penghargaan

Tidak hanya itu, motif serupa ditemukan pada beberapa suku di suku Rapa Nui di Kepulauan Easter, beberapa suku di Hawaii, Kepulauan Marquess, dan suku Maori Selandia Baru. Oleh karena itu, berdasarkan catatan tersebut tato Mentawai disimpulkan sebagai tato tertua di dunia.

Walaupun memiliki motif yang berbeda, ada motif khas yang dikenal sebagai tato Mentawai yaitu garis-garis yang penorehannya mengikuti rumusan jarak tertentu. Biasanya sistem pengaturan jarak tersebut memanfaatkan jari. Selain sebagai identitas status sosial, tato berfungsi sebagai simbol keseimbangan alam. Benda dan makhluk seperti batu, tumbuhan, dan hewan harus diabadikan ditubuh mereka karena mereka percaya bahwa semuanya memiliki jiwa.

BACA JUGA:Indonesia Kaya, Ada 11 Suku yang Paling Terkenal, Kamu Masuk Suku Mana?

Suku Mentawai juga menato pada dada mereka dan motifnya berbeda antara laki-laki dengan perempuan. Untuk perempuan biasanya bergambar subba atau tangguk karena kaum perempuan biasanya pergi menangguk ikan di sungai atau disebut juga paliggara.

Tato Mentawai memiliki beragam makna dan fungsi, salah satunya yaitu menentukan kedudukan. Sebab dengan penatoan tertentu pada tubuh dapat mengidentifikasikan batas wilayah kesukuan.

BACA JUGA:6 Suku Ini Punya Ilmu Sihir Paling Ganas, Nomor 4 Bisa Menyerang Bagian Vital Manusia

Tato Mentawai memiliki nilai ritual yang menjadi penanda keahlian, kedewasaan, keberanian, dan jabatan yang dianggap sebagai simbol kebanggaan. Kemudian juga sebagai tanda pengenal pribadi misalnya keahlian seseorang dalam berburu yang ditandai dengan tato binatang di tubuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: