Iklan dempo dalam berita

13 Cara Merawat Handphone yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Selalu Pakai Charger Ori

13 Cara Merawat Handphone yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Selalu Pakai Charger Ori

13 cara merawat handphone--

BACA JUGA:Menurut Primbon Jawa, 15 Hewan Ini jika Masuk Rumah Itu Tanda Rezeki Mau Datang

10. Rutin Membersihkan Handphone dari Debu

Anda harus sering mengelap handphone menggunakan lap microfiber atau yang biasa dipakai untuk mengelap kaca mata. Soalnya debu dan kotoran halus bisa dengan mudah menempel di ponsel dan masuk ke sela-sela komponennya.  

Kalau nggak dibersihkan, lama kelamaan debu akan mengendap jadi kotoran. Kemudian membuat handphone jadi lebih panas dan akhirnya mudah rusak. Oleh karena itu jangan lupa bersihkan handphone dengan kain lap.

BACA JUGA:Jangan Senang Dulu, Ini Penegasan Kelulusan Mitra statistik BPS 2024, Termasuk Tugas dan Gaji

11. Menghapus Cache

Selain membersihkan luaran ponsel, kamu juga harus sering membersihkan bagian dalam handphone. Caranya dengan menghapus cache yang suka memenuhi memori internal handphone.

Kalau dibiarkan, memori yang penuh akan membuat kinerja handphone lambat dan akhirnya ponsel jadi lemot. Kamu akan membutuhkan waktu lama untuk membuka dan menutup suatu aplikasi. Atau tiba-tiba sistem operasi handphone nggak merespon alias nge-lag.

Daripada nge-lag mengganggu aktivitasmu, kamu bisa masuk ke menu manajemen aplikasi untuk menghapus cache dari setiap aplikasi. Menghapus cache nggak akan berpengaruh pada data penyimpanan di ponsel. Soalnya yang terhapus hanyalah file temporer sisa dari aktivitasmu di dalam handphone. Jadi file penting seperti kontak, dokumen, foto, dan video tetap aman.

BACA JUGA:Ini Daftar Nama 689 Orang Warga Bengkulu Utara yang Lulus Mitra Statistik BPS 2024, Cek Namamu Disini

12. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Tips merawat handphone selanjutnya adalah menghapus aplikasi nggak terpakai. Coba lihat deretan aplikasi di ponselmu. Pasti ada aplikasi yang jarang kamu buka atau sudah lama nggak pernah kamu buka lagi.

Daripada memenuhi penyimpan, sebaiknya hapus aplikasi-aplikasi tersebut. Uninstall aplikasi yang nggak terpakai karena cuma akan memperlambat sistem kerja ponsel.

13. Gunakan Charger yang Ori

Sebelumnya sudah disebutkan kalau handphone yang panas jadi lebih mudah rusak. Nah, biasanya handphone bisa panas selain karena pemakaian yang terus-menerus, bisa juga disebabkan oleh charger yang nggak original.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: