Iklan dempo dalam berita

Pikiran Aneh, Tyson Beberkan Cara Manusia Selamat dari Kiamat, Simak juga Tanda Kiamat Menurut Ilmuan

Pikiran Aneh, Tyson Beberkan Cara Manusia Selamat dari Kiamat, Simak juga Tanda Kiamat Menurut Ilmuan

Kata ilmuan cara manusia untuk selamat dari kiamat--

"Saat bintang katai putih mendingin dalam beberapa triliun tahun lagi, mereka akan menjadi semakin redup, akhirnya menjadi solid dan berubah menjadi bintang katai hitam yang tak lagi bersinar," urai Caplan.

Nah, bintang katai hitam yang berukuran masif kemudian juga akan meledak menjadi supernova, diikuti oleh bintang yang berukuran lebih kecil sampai tidak ada sisanya lagi.

"Sulit membayangkan ada yang hadir lagi setelah itu. Supernova katai hitam itu mungkin akan menjadi hal menarik terakhir di alam semesta. Mereka mungkin adalah supernova terakhir," tambahnya.

Setelah itu, galaksi-galaksi lenyap, lubang hitam menguap, dan dengan demikian berakhirlah alam semesta. Tentunya, itu hanya skenario ilmuwan berdasarkan teori ilmiah.

BACA JUGA:PT Power Indonesia Buka Lowongan Kerja Terbaru Desember 2023, Persyaratan Cukup Kirim Via Online

 

Cara Selamat dari Kiamat Menurut Tyson

Dari sisi penelitian sains, planet Bumi ini tidak akan bertahan selamanya karena beberapa faktor. Walau masih sangat jauh prediksi riwayat Bumi berakhir, beberapa ilmuwan sudah gatal membahasnya. Salah satunya fisikawan terkenal, Neil deGrasse Tyson.

Dalam podcast terbarunya yang dinamai Star Talk, Tyson menyatakan Matahari pada miliaran tahun lagi akan begitu panas dan dampaknya, Bumi tidak akan dapat ditinggali lagi. Maka menurutnya, manusia wajib punya kemampuan bisa pindah planet agar tetap dapat selamat.

"Jika Bumi 'menguap' oleh Matahari, kalian harus punya kemampuan untuk lompat planet. Ukuran Matahari akan bertambah besar, temperatur akan terus panas dan panas lagi, maka itulah waktunya untuk pindah," kata Tyson.

BACA JUGA:Lowongan Kerja PT Nipon Indosari, Terima Lulusan SMA, Seperti Ini Kualifikasi yang Dicari

Tujuan pertama mungkin adalah planet Mars. Namun itupun belum cukup karena Mars juga nantinya tak dapat ditinggali. Bahkan Tyson mengindikasikan manusia harus bisa pindah ke sistem bintang yang lain karena kondisi di Tata Surya sudah tidak ramah lagi.

"Kalian mengemas barang dan pindah ke Mars, planet terjauh selanjutnya dari Matahari. Akan tetapi Matahari juga akan mulai membuat Mars panas, jadi kalian pindah lebih jauh lagi. Kemudian Matahari pada akhirnya akan mati dan tidak dapat lagi menjadi sumber energi bagi kita," paparnya.

Di sisi lain, Tyson juga membahas bahwa sebelum kejadian alamiah semacam itu, perbuatan manusia sendiri berpotensi merusak Bumi dan membuat mereka punah. Bahkan tak menutup kemungkinan hal itu terjadi jauh sebelum campur tangan alam.

BACA JUGA:Kisah Nabi Sulaiman Dan Burung Hud Hud, Hingga Membuat Ratu Balqis dan Kaumnya Bersujud Masuk Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: