Iklan dempo dalam berita

Muslim Wajib Tahu, Ini 14 Urutan Orang yang Pantas Menjadi Imam Sholat

Muslim Wajib Tahu, Ini 14 Urutan Orang yang Pantas Menjadi Imam Sholat

Syarat menjadi imam terdiri dari beberapa kriteria--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Sholat berjamaah adalah sholat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Sholat berjamaah memiliki lebih banyak keutamaan dibandingkan dengan sholat sendiri. 

Bahkan, sholat berjamaah pahalanya lebih besar 27 derajat dari sholat sendirian.

"Shalat berjamaah melampaui sholat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat." (HR. Bukhari).

BACA JUGA:Ini 4 Keutamaan Menjadi Imam Shalat, Salah Satunya Didoakan Rasulullah SAW

Syarat menjadi imam terdiri dari beberapa kriteria. Hal ini nantinya juga akan terbagi lagi bila ada beberapa orang di masjid yang memiliki setiap faktor yang diperlukan untuk menjadi imam. Jadi, kamu perlu benar-benar paham tentang syarat menjadi imam ini.

Orang yang Paling Berhak Jadi Imam

Ahli fikih kenamaan abad ke-20 asal Syiria, Wahbah az-Zuhaili, mengatakan dalam Kitab Al-Fiqhu al-Islamiyyu wa Adilatuhu, orang yang paling berhak untuk menjadi imam pada situasi saat ini adalah orang yang paling memahami dan mengetahui hukum-hukum salat.

BACA JUGA:7 Adab Ketika Seorang Muslim Menjadi Imam Shalat, Tidak Boleh Sembarangan

Hanya saja, para ahli fikih masing-masing mazhab telah menyebutkan secara urut tentang kriteria imam dan siapa yang lebih baik di antara mereka.

Disebutkan dalam Kitab Al-Fiqh 'Ala Al-Madzahib Al-Arba'ah karya Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi, mazhab Syafi'i menganjurkan orang yang paling berhak menjadi imam adalah pemimpin wilayahnya, selanjutnya imam rawatib (imam tetap yang ditunjuk mengimami salat di masjid), kemudian baru penduduk asli.

Apabila di antara jamaah salat tidak terdapat ketiganya, maka mazhab ini berpendapat bahwa orang yang paling berhak menjadi imam adalah orang yang paling baik dan benar bacaan Al-Qur'an-nya. Apabila tidak ada, ulama mazhab ini menyertakan sejumlah kriteria hingga berakhir pada orang yang sudah berkeluarga.

BACA JUGA:Bolehkah Anak Kecil yang Belum Baligh Jadi Imam Shalat Berjamaah? Ini Penjelasannya

Lantas, siapa saja 14 urutan orang yang berhak menjadi imam sholat? Berikut ulasannya, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pemimpin di wilayahnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: