Iklan dempo dalam berita

Di Mana Dajjal akan Muncul? Ada 4 Tempat Diduga Lokasi Keluarnya Dajjal, Irak Paling Banyak Disebut

Di Mana Dajjal akan Muncul? Ada 4 Tempat Diduga Lokasi Keluarnya Dajjal, Irak Paling Banyak Disebut

4 tempat diduga lokasi kemunculan dajjal--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Diantara tanda datangnya kiamat, keluarnya Dajjal. Mahluk ini sangat kuat, sehingga banyak umat manusia yang akan binasa. 

Selain itu Dajjal sangat pandai melakukan tipu daya, sehingga banyak juga yang akan menjadi pengikutnya. Walaupun banyak penjelasan tentang Dajjal, namun sampai sekarang masih menjadi misteri di mana lokasinya akan muncul?

BACA JUGA:Berbanding Terbalik, Seperti Ini Keadaan Pengikut Dajjal dan Orang Beriman Menjelang Kiamat Nanti

Mengutip buku Kiamat: Tanda-tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi oleh Manshur Abdul Hakim, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa malapetaka selalu datang dari arah timur:

مِنْ هَا هُنَا جَاءَتِ الْفِتَنُ نَحْوَ الْمَشْرِقِ وَالْجَفَاء وَغِلَظُ الْقُلُوبِ فِي الْفَدَّادِينَ أَهْلِ الْوَبَرِ عِنْدَ أُصُولِ أَذْنَابِ الْإِبِلِ وَالْبَقَرِ فِي رَبِيعَةَ وَمُضَرَ

Artinya: "Dari sini datang fitnah ke arah timur. Kekurangajaran dan kekasaran serta kekerasan hati merupakan sifat-sifat para penggembala unta dan lembu di kalangan suku Rabii'ah dan Mudhar." (HR Bukhari)

Begitu pula dengan Dajjal, si pendusta itu akan keluar dari arah timur sesuai yang Nabi SAW katakan dalam haditsnya.

أتى الْمَسِيحُ مِنْ قِبَلِ الْمَشْرِقِ هِمَّتُهُ الْمَدِينَةُ حَتَّى يَنْزِلَ دُبُرَ أُحُدٍ ثُمَّ تَصْرِفُ الْمَلَائِكَةُ وَجْهَهُ قِبَلَ الشَّامِ وَهُنَالِكَ يَهْلِكُ

Artinya: "Al-Masiih (Dajjal) akan datang dari arah timur dan tujuannya adalah Madinah, hingga dia sampai di baik Gunung Uhud. Lalu para malaikat menghalaunya ke Syam dan dia di sana binasa." (HR Muslim)

BACA JUGA:Kemunculan Dajjal dan 5 Pengikutnya, Ternyata Tanda-tanda Datang Hari Kiamat

Adapun dalam sejumlah sabdanya yang lain, Rasulullah SAW lebih merincikan wilayah mana yang menjadi tempat keluar Dajjal kelak. Berikut hadits dan atsar seperti yang dilansir dari buku Kiamat: Tanda-tandanya Menurut Islam, Kristen, dan Yahudi.

Wilayah Khurasan

يَخْرُجُ مِنْ أَرْضِ بِالْمَشْرِقِ يُقَالُ لَهَا خُرَاسَانُ يَتْبَعُهُ أَقْوَامٌ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الْمَجَانُ الْمُطْرَقَةُ

Artinya: "Dajjal akan keluar dari daerah timur yang bernama Khuraasaan. Dia akan diikuti oleh orang-orang yang berwajah seperti perisai." (HR Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: