Iklan RBTV Dalam Berita

Lebih Hemat, Ini Cara Bikin Sendiri Panel Tenaga Surya untuk Rumah, Bahannya Mudah Didapati

Lebih Hemat, Ini Cara Bikin Sendiri Panel Tenaga Surya untuk Rumah, Bahannya Mudah Didapati

Cara bikin panel surya untuk di rumah--

8. Gunting (1 buah) - digunakan untuk memotong kabel dan bahan lain yang diperlukan. 

9. Air secukupnya

Mau tahu bagaimana cara membuat panel listrik tenaga surya yang sederhana? Berikut adalah langkah-langkahnya yang mudah diikuti: 

BACA JUGA:Kok Turun Drastis, Samsung Galaxy A50s Sekarang Dijual Rp1 jutaan Lebih, Semula Dibanderol Rp4 juta Lebih

1. Pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang bahan-bahan untuk membuat panel surya. Hal ini penting agar tidak ada lemak atau minyak yang menempel. 

2. Potong kawat tembaga dengan ukuran yang sama persis dengan ukuran panel pemanas yang ada dalam kompor listrik. 

3. Bersihkan tembaga yang telah dipotong dengan menggunakan ampelas atau sikat kawat. Pastikan tidak ada kotoran yang dapat menghambat proses penyerapan energi matahari. 

4. Setelah tembaga dibersihkan, letakkan di atas kompor listrik dan bakar dengan voltase tertinggi. 

5. Lakukan proses pembakaran ini selama 30 menit hingga lapisan tembaga berubah warna menjadi hitam. 

6. Setelah proses pembakaran selesai, diamkan lapisan tembaga hingga dingin secara alami selama sekitar 20 menit. Lapisan tembaga akan berkerut dan lapisan oksida akan menyusut. 

BACA JUGA:Kelakar Menteri Perdagangan Soal Sholat Jadi Kontroversi, Berikut Deretan Sorotan Publik kepada Zulhas

7. Cuci dan gosok tembaga dengan lembut di bawah air yang mengalir. Jangan meregangkan lapisan tembaga karena dapat merusak lapisan oksida yang dibutuhkan untuk pembuatan panel listrik tenaga surya murah. 

8. Potong lembaran tembaga lain dengan ukuran yang sama dengan tembaga pertama. Kemudian, tekuk kedua lembaran tembaga dan masukkan keduanya ke dalam botol plastik. Pastikan kedua lembaran tembaga tidak bersinggungan satu sama lain. 

9. Pasang capit buaya pada lembaran tembaga pertama dan pada lembaran tembaga kedua. Selanjutnya, hubungkan kabel dari tembaga kedua ke terminal positif, dan hubungkan kabel dari tembaga pertama (yang telah dibakar) ke terminal negatif ammeter. 

10. Masukan air garam. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati saat menuangkan air garam yang sudah dipanaskan ke dalam botol. Pastikan tidak membasahi capit buaya, dan perhatikan volume air garam agar tidak menenggelamkan seluruh plat tembaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: