Iklan RBTV Dalam Berita

Kecilkan Pori Wajah Tanpa Skin Care, Coba Gunakan 5 Jenis Buah Ini Saja

Kecilkan Pori Wajah Tanpa Skin Care, Coba Gunakan 5 Jenis Buah Ini Saja

Kecilkan Pori Wajah Tanpa Skin Care--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pori-pori yang tampak besar di wajah memang tidak mengganggu kesehatan, tapi dapat mengganggu penampilan Anda dan berdampak menurunnya rasa percaya diri. Mungkin Anda sudah memahami bahwa ukuran pori-pori merupakan sesuatu yang bersifat genetik sehingga tidak dapat mengecil, tapi ukurannya dapat membesar. Agar ukuran pori-pori tidak semakin membesar dan terlihat semakin jelas, ada beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab pori-pori besar yang harus Anda hentikan dan hindari. 

BACA JUGA:Cegah Pori-pori Wajah Membesar dengan Hindari 7 Kebiasaan Ini

Berbagai Faktor Penyebab Pori-Pori Besar

Ada orang yang memiliki pori-pori dengan ukuran besar, normal, dan ada pula yang ukurannya kecil. Ukuran pori-pori kulit seseorang merupakan warisan genetis dari kedua orang tuanya. Jika Anda memiliki pori-pori yang terlihat besar, maka kemungkinan ada beberapa anggota keluarga lainnya yang juga memiliki masalah yang sama.

Karena bersifat genetis, maka dipastikan bahwa ukuran pori-pori Anda tidak dapat mengecil. Namun sebenarnya Anda tidak perlu menganggap hal ini sebagai masalah besar, karena Anda dapat menyiasatinya dengan menyamarkan tampilan pori-pori. Jika pori-pori di wajah ukurannya sudah besar dan jelas terlihat, maka Anda juga disarankan untuk menjaga agar pori-pori tidak mengalami peregangan yang berakibat pori-pori wajah membesar dari ukuran aslinya. 

BACA JUGA:Pori-pori Wajah Membesar Turunkan Percaya Diri, Ini 10 Cara Mengecilkan Pori Wajah yang Efektif

Ada beberapa faktor utama penyebab pori-pori besar dan meregang, yaitu:

• Produksi minyak yang berlebih.

Pori-pori ada dua jenis, yaitu yang di dalamnya terdapat folikel rambut dan kelenjar sebasea, serta yang di dalamnya terdapat kelenjar keringat. Kelenjar sebasea di kulit yang berminyak cenderung aktif, sehingga produksinya minyaknya pun berlebih. Minyak ini dapat mengisi pori-pori dan membuatnya meregang, sehingga ukurannya menjadi lebih besar.

BACA JUGA:Cegah Penuaan Dini, Wajib Konsumsi 14 Makanan Pencegah Keriput Wajah Ini

• Menurunnya elastisitas kulit

Pertambahan usia serta paparan sinar UV dapat merusak kolagen dan produksinya menurun, menyebabkan elastisitas kulit berkurang dan kulit menjadi kendur. Kulit yang kendur ini membuat pori-pori seperti meregang sehingga terlihat besar.

• Penyumbatan di pori-pori

Pori-pori yang mengalami sumbatan biasanya adalah pori-pori yang berisi folikel rambut. Sumbatan ini terbentuk dari campuran kotoran, sel-sel kulit mati, sisa makeup, dan minyak alami kulit. Semakin besar sumbatan yang terbentuk, maka pori-pori juga semakin meregang dan membesar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: