Iklan RBTV Dalam Berita

Sebelum Pasang, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya Berikut

Sebelum Pasang, Pahami Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya Berikut

Kekurangan dan kelebihan panel surya--

4. Mendukung Kemandirian Energi

Dengan menggunakan panel surya, individu, bisnis, dan komunitas dapat menjadi lebih mandiri secara energi dengan menghasilkan listrik mereka sendiri. Ini mengurangi ketergantungan pada pasokan energi eksternal dan meningkatkan keamanan energi.

5. Panel Surya Bisa Dipasang dalam Berbagai Iklim

Satu hal bagus lagi tentang panel surya adalah, mereka bisa dipasang di berbagai iklim. Artinya, tidak ada persyaratan iklim tertentu untuk pemasangan panel surya. 

Meskipun memang benar bahwa semakin terik matahari, semakin banyak energi yang dihasilkan, tetapi kamu tidak perlu khawatir. Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat cocok untuk memanfaatkan panel surya sebagai sumber energi alternatif.

BACA JUGA:Sudah Gak Zaman Pakai Cash, Ini Cara Transfer dari BCA ke DANA Pakai BCA Mobile atau ATM

6.Biaya Perawatan Rendah

Sistem energi surya biasanya tidak memerlukan banyak perawatan, jadi kamu nggak perlu khawatir. Cukup pastikan kamu menjaganya tetap bersih dengan membersihkannya beberapa kali dalam setahun. 

Jika ada keraguan, kamu selalu bisa menghubungi perusahaan pembersih khusus yang menawarkan layanan ini. 

Kekurangan dari Panel Surya

1. Tidak Bisa Dipindah

Salah satu kekurangan pertama dalam pemasangan panel surya adalah ketidakmampuannya untuk dipindahkan. Ini karena mencopot panel surya dapat berisiko merusaknya. Selain itu, biaya untuk memindahkan panel surya juga sangat mahal.

2. Harus Dipasang oleh Profesional

kekurangan kedua dari panel surya adalah perlunya mengandalkan keahlian dalam pemasangan. Untuk memasang panel surya, diperlukan tim yang terampil dan berpengalaman. 

BACA JUGA:Sambil Rebahan, Begini Cara Mudah Transfer Uang dari OVO ke ShopeePay Pakai Handphone

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: