Iklan dempo dalam berita

Kehidupan akan Berubah karena Stiff-Person Syndrome, Kenali Ini Gejalanya

Kehidupan akan Berubah karena Stiff-Person Syndrome, Kenali Ini Gejalanya

Kenali gejala Stiff Person Syndrome--

- Sensasi otot inti yang terasa tegang dan kaku. 

- Kesulitan dalam menjaga postur tubuh karena kekakuan otot punggung, sehingga mungkin terlihat membungkuk. 

- Kejang otot yang terasa sangat menyakitkan. 

- Kesulitan dalam berjalan. 

- Masalah sensorik, seperti sensitivitas terhadap cahaya, kebisingan, dan suara. 

Pengidap SPS juga rentan mengalami kejang yang kuat dan bisa membuat mereka jatuh jika berdiri. Bahkan, kejang yang parah dapat menyebabkan patah tulang. 

BACA JUGA:BLT El Nino Sudah Cair Rp400 ribu dan Masuk Rekening, Cek Nama Penerima Disini

Selain itu, kejang umumnya akan menjadi lebih buruk dalam situasi yang membuat pengidap cemas atau stres. Gerakan yang tiba-tiba, suara yang keras, atau sentuhan yang tak terduga juga dapat memicu kejang yang tidak disengaja.

Jika seseorang mengalami gejala stiff person syndrome, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan yang mungkin diperlukan untuk mendiagnosisnya dengan baik. Jangan khawatir, pemeriksaan tersebut umumnya tidaklah menakutkan. Dokter akan memastikan agar Anda merasa nyaman sepanjang prosesnya. 

Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang mungkin akan dilakukan oleh dokter: 

1. Tes darah antibodi: Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat antibodi GAD dan mendeteksi apakah ada tanda-tanda lain yang dapat mengindikasikan adanya penyakit lainnya. Anda tidak perlu khawatir, tes darah biasanya cukup sederhana dan tidak menyakitkan. 

BACA JUGA:Putusan MK Perpanjang Masa Jabatan Kepala Daerah, Ini Daftar Pilkada Tahun 2018 Seluruh Indonesia

2. Elektromiografi (EMG): Melalui pemeriksaan ini, dokter akan mengukur aktivitas listrik di otot Anda dan mencoba mengidentifikasi penyebab lain yang mungkin ada. Pemeriksaan ini juga tidaklah terlalu rumit dan tidak menyakitkan. 

3. Pungsi lumbal (jarum tulang belakang): Pada pemeriksaan ini, dokter akan menggunakan jarum untuk mengambil cairan dari saluran tulang belakang Anda dan memeriksa keberadaan antibodi terhadap GAD. 

Pemeriksaan ini juga bisa memberikan informasi mengenai tanda-tanda lain yang perlu diketahui. Tenang saja, dokter akan melakukannya dengan hati-hati. Semua pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kondisi Anda dan mendiagnosis stiff person syndrome. Ingatlah bahwa dokter dan tim medis akan senantiasa berusaha memberikan perawatan terbaik bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: