Iklan dempo dalam berita

Jelang Tahun Baru, Ini Rincian Biaya Transfer Perbankan, Ada Caranya untuk Mengurangi Biaya Transfer

Jelang Tahun Baru, Ini Rincian Biaya Transfer Perbankan, Ada Caranya untuk Mengurangi Biaya Transfer

Biaya transfer antarbank terbaru--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pada era digital sekarang, transfer antar bank telah menjadi proses yang umum dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang menggunakan layanan ini untuk mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya, baik itu dalam negara maupun lintas batas. 

Namun, sebelum Anda melakukan transfer antar bank, ada beberapa rincian biaya yang perlu Anda ketahui. Artikel ini akan menjelaskan secara rinci tentang biaya-biaya tersebut.

BACA JUGA:Asus TUF Gaming FX505GT, Laptop Paling Diincar Gamers, Ini Teknologi yang Ditawarkan

Jenis Layanan Transfer

Sebelum kita membahas mengenai biaya transfer antar bank, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu tentang layanan transfer yang biasanya tersedia di bank. Dulu, kita melakukan transfer uang melalui teller di bank dan kemudian berkembang menjadi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM). 

Saat ini, kita bisa melakukan transfer dengan lebih mudah baik antar bank yang sama maupun beda bank melalui layanan online seperti SMS banking, mobile banking, OCTO Pay dan internet banking. Semua layanan tersebut memudahkan kita dalam melakukan transfer uang secara online.

BACA JUGA:Cek Tanggal Jatuh Tempo Livin’ Paylater, Jangan Sampai Telat Bayar, Ada Dendanya

Lalu apa saja jenis-jenis layanan transfer?

1. Sistem kliring

Pertama-tama, mari kita bahas tentang sistem kliring. Sistem ini digunakan untuk melakukan transfer antar bank. Misalnya, jika Anda ingin mentransfer sejumlah uang dari rekening bank A ke rekening teman Anda yang memiliki tabungan di bank B. 

Di dalam proses transfer ini, bank A akan melakukan pengecekan apakah dana yang cukup tersedia untuk melakukan transfer ke rekening bank B. 

Proses pengecekan ini biasa disebut kliring. Biasanya, kliring dilakukan untuk transfer dengan jumlah biaya yang besar, misalnya di atas Rp 100.000.000, dan dilakukan melalui teller di bank. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah transfer melalui kliring akan memakan waktu lebih lama, yakni sekitar 2-3 hari kerja untuk pengecekan sebelum sampai ke rekening tujuan. 

BACA JUGA:Peluang Kerja di Dunia Kecantikan Ternama, Sociolla Buka Lowongan Kerja 5 Posisi Sekaligus, Ini Syaratnya

Untuk biaya transfer antar bank melalui sistem kliring, biasanya dikenakan tarif sekitar Rp 2.900-5.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: