Iklan dempo dalam berita

Masih Beranggapan Lebih Aman Dibanding Rokok Konvensional? Ini Dampak Buruk Vape Bagi Kesehatan

Masih Beranggapan Lebih Aman Dibanding Rokok Konvensional? Ini Dampak Buruk Vape Bagi Kesehatan

Bahaya vape bagi kesehatan--

“Tubuh kita ini kan sebenarnya tidak diciptakan untuk dimasuki oleh bahan berbahaya sesedikit apapun. Artinya, kalaupun kadarnya (zat berbahaya) sedikit pada vape, tetap tubuh kita tidak siap untuk diberikan bahan karsinogenik dan bahan-bahan yang bisa merusak jaringan paru,” jelas Feni.

Belum Diketahui Efek Jangka Panjang dari Vape

Belum diketahui efek jangka panjang dari penggunaan rokok elektrik, meski begitu Feni menekankan bahwa vape tidak lebih baik dibandingkan dengan rokok konvensional.

“Vape itu meskipun jumlah zat berbahayanya lebih sedikit, tetapi bukan berarti lebih aman atau tidak berbahaya,” jelas Feni.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Mudah, Pakai 5 Cara Ini Dijamin Komedo Tidak Kembali

Hingga saat ini para ahli belum mengetahui efek jangka panjang dari vape. Hal ini dikarenakan peredaran vape masih tergolong baru.

Menurut Feni, masih dibutuhkan waktu untuk mengetahui efek jangka panjang. Akan tetapi, dengan diketahuinya persamaan kandungan antara vape dan rokok konvensional, dapat diperkirakan bahwa efek jangka panjang antara keduanya tak jauh berbeda.

Tak perlu menunggu untuk mengetahui efek jangka panjangnya, Feni menyarankan untuk mencegah daripada mengobati.

“Suatu bahan yang berpotensi berbahaya tentu kita tidak mau menunggu jangka panjang dulu, baru nanti ditunggu aman atau tidak. Mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata Feni.

BACA JUGA:KUR BSI Rp 50 Juta Bebas Riba Cicilan Ringan, Per Bulan hanya Bayar Rp 966 Ribu

Bukan Alat Bantu Berhenti Merokok

Menurut Feni, rokok elektronik juga tidak direkomendasikan sebagai alat bantu berhenti merokok karena memiliki risiko mencetuskan adiksi yang sama dengan rokok konvensional.

Zat kimia berbahaya pada rokok elektrik berada pada cairan atau liquid yang dipanaskan mengandung nikotin, propilen glikol dan gliserin.

Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh RS Persahabatan mendapatkan bahwa pada urin perokok elektrik terdapat kadar residu nikotin yang kadarnya sama dengan urin perokok konvensional. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa rokok elektrik tidak aman.

BACA JUGA:Butuh Modal, Ikuti 11 Petunjuk Cara Ajukan Pinjaman lewat Livin Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: