Iklan dempo dalam berita

Bantahan para Sejarawan Tentang Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun, Jangan Salah Lagi Ya!

Bantahan para Sejarawan Tentang Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun, Jangan Salah Lagi Ya!

Bantahan para Sejarawan Tentang Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMBelanda-menjajah-indonesia selama 350 tahun. Pernyataan tersebut adalah narasi yang dibangun masyarakat Indonesia sejak zaman dulu, Bunda.

Lalu benarkan Belanda memang menjajah Indonesia selama 350 tahun?

BACA JUGA:Mitos atau Fakta Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun? Sejarawan Keturunan Belanda Ungkap Ini

Sejumlah sejarawan pun memiliki pandangan berbeda terkait durasi Belanda menjajah Indonesia. Seperti apa pendapat mereka?

Menurut GJ Resink

GJ Resink merupakan ahli hukum internasional keturunan Belanda Indonesia. Ia berpendapat bahwa penghitungan 350 tahun diambil dari tahun 1595. Namun, hal ini tidak sesuai karena Cornelis de Houtman baru tiba di Banten tahun 1596 dan bertujuan untuk berdagang. Nama Indonesia baru dikenal 254 tahun setelah kedatangan Cornelis de Houtman. Sebelumnya, Indonesia lebih dikenal dengan nama Nusantara dan baru pada tahun 1850 nama Indonesia diperkenalkan.

BACA JUGA:Presiden Soekarno Menyebut Indonesia Dijajah Belanda Selama 350 Tahun, Benarkah? Ternyata Ini Sejarahnya

GJ Resink menjelaskan bahwa tidak semua wilayah Indonesia dijajah dan antara satu dengan wilayah yang lain tidak memiliki keterikatan. Beberapa daerah yang tidak dijajah Belanda diantaranya Gowa, Ternate, Bacan, Kutai dan Riau. Narasi 350 tahun menjajah adalah untuk membulatkan masa kolonialisme Belanda. Namun, faktanya ada beberapa daerah yang dijajah tidak sepanjang 350 tahun. Sebagai contoh Aceh baru dikuasai Belanda pada 1904 dan terhitung hanya 40-50 tahun penjajahan.

BACA JUGA:Cinta Soekarno dan Bule Belanda, Saat Apel Langsung Diusir, Kisahnya Berakhir Tragis

Menurut Pakar Sejarah UI, UGM dan UNDIP

pendapat kedua datang dari 3 sejarawan yakni Dr Lilie Suratminto, MA (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia), Dr Sri Margana (Jurusan Sejarah Universitas Gajah Mada) dan Bonnie Triyana (alumni jurusan sejarah Universitas Diponegoro dan Pemred Majalah Historia)

BACA JUGA:Benarkah Belanda Menjajah Indonesia Selama 350 Tahun? Berikut Faktanya

Ketiganya sependapat bahwa penjajahan Belanda memang bukan 350 tahun. Dr. Sri Margana menjelaskan bahwa penjajahan Belanda dapat dihitung pada 1800 setelah VOC mengalami kebangkrutan.

Selama masa penjajahan VOC, tujuan mereka bukanlah menjajah melainkan melakukan praktek perdagangan. Pada masa itu tidak semua wilayah dikuasi Belanda. Selain itu, penghitungan secara keseluruhan tidak bisa dilakukan karena wilayah Aceh baru dijajah sejak 1901 yang artinya penjajahan Belanda hanya selama 41 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: