Iklan dempo dalam berita

Bansos BLT El Nino Rp600 Ribu Cair dan Berlanjut Januari 2024

 Bansos BLT El Nino Rp600 Ribu Cair dan Berlanjut Januari 2024

bansos BLT El Nino merupakan bansos yang dicairkan pemerintah untuk menangani dampak iklim El Nino atau kemarau panjang--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada banyak jenis bansos masih berlanjut Januari 2024 mendatang. Salah satunya bansos BLT El Nino Rp600 ribu cair dan berlanjut Januari 2024. Pencairan bansos EL Nino ini didasari beberapa alasan dan evaluasi dari Pemerintah.

BACA JUGA:KUR BRI 2024, Bunga Rendah Mulai 3 Persen Per Tahun, Syarat KTP dan Bisa Ajukan via Online

Dimana bansos BLT El Nino merupakan bansos yang dicairkan pemerintah untuk menangani dampak iklim El Nino atau kemarau panjang. Berbagai dampak dirasakan masyarakat, salah satunya gagalnya petani untuk memulai masa tanam.  Sehingga berimbas pada naiknya bahan sembako dikalangan pasar masyarakat. Yang akhirnya membuat Pemerintah mengeluarkan bansos BLT El Nino ditahun 2023 ini. 

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Pinjam Rp 50 Juta Cair Cepat dan Cicilan Ringan

Ditahun 2023 ini pemerintah telah mencairkan dana BLT El Nino sebesar Rp200.000 per bulan masing - masing KPM. Dengan alokasi pencairan dua bulan sekaligus, sehingga masing - masing KPM mendapatkan dana bansos BLT El Nino sebesar Rp400.000 

Berdasarkan informasi terbaru, BLT El Nino akan tetap dilanjutkan ditahun 2024 mendatang. Hal tersebut muncul setelah Menteri Airlangga Hartarto mengusulkan kepada presiden Jokowi agar tetap melanjutkan BLT El Nino ini hingga tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Simulasi Cicilan Pinjaman Rp1 Juta Hingga Rp10 Juta di KUR BRI 2024 Syarat Mudah dan Proses Cepat

Pasalnya, berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan masih banyak wilayah yang mengalami musim kemarau. Meskipun terdapat beberapa yang telah turun hujan, namun curah hujan masih terbilang sedikit. Bahkan BMKG juga memprediksi jika musim kemarau akan terus berlangsung hingga bulan Maret 2024 mendatang.

BACA JUGA:Indonesia Dijajah Belanda 350 Tahun Terbukti Mitos Belaka, Lantas Sebenarnya Berapa Tahun?

Berikut jumlah dana Bansos BLT EL Nino Januari 2024 mendatang:

untuk jumlah dana yang akan dicairkan ditahun depan jika secara teknis, maka bansos BLT El Nino ini akan disalurkan untuk 3 bulan. Yaitu pencairan dengan alokasi bulan Januari 2024, Februari 2024, dan Maret 2024. Sehingga apabila dicairkan sekaligus maka masing - masing KPM akan mendaptkan sebesar Rp600.000 alokasi tiga bulan.

BACA JUGA:Informasi Terbaru KUR BRI 2024, Sekaligus Cek Syarat Terbaru KUR Kecil, Mikro dan Super Mikro, Bunga Rendah

Namun beberapa hal tersebut masih dalam kajian. Presiden Jokowi, menerangkan ketika menyerahkan BLT El Nino kepada sejumlah penerima manfaat BLT El Nino di Kantor Pos Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, pada Rabu 27 Desember 2023. 

Terkait dengan Bansos EL Nino akan bersifat situasional, yang mana apabila nantinya dibulan Januari masih belum juga masuk kedalam musim penghujan dengan curah hujan yang cukup maka bisa dipastikan BLT El Nino akan cair kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: