Iklan dempo dalam berita

Untuk Pesta BBQ Malam Tahun Baru, Bagus Pakai Arang Kayu atau Batok Kelapa? Begini Perbandingannya

Untuk Pesta BBQ Malam Tahun Baru, Bagus Pakai Arang Kayu atau Batok Kelapa? Begini Perbandingannya

Pilihan arang yang tepat untuk pesta barbeque malam tahun baru--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tradisi masyarakat Indonesia melewati malam tahun baru dengan pesta barbeque atau BBQ. Namun untuk pesta BBQ malam tahun baru, bagus pakai arang kayu atau batok kelapa? Begini perbandingannya.

Seperti diketahui arang merupakan salah satu komponen penting yang harus disiapkan sebelum mulai berpesta BBQ. Jangan asal pilih karena ada beberapa jenis arang yang bisa dijadikan bahan bakar.

BACA JUGA:Sebelum Ajukan Pinjaman, Simak Simulasi Tabel KUR BRI 2024, Ada Cicilan Rp 400 Ribuan

Orang banyak mengenal arang terbuat dari kayu yang dibakar hingga menyisakan residu karbon berwarna hitam. Padahal arang bukan hanya terbuat dari kayu saja, ada yang berasal dari batok kelapa, arang briket ataupun batu bara.

Setiap jenis arang ini memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Sebelum memutuskan untuk membeli arang, kenali dulu jenis arang yang ada di pasaran.

1. Arang briket

Arang briket terbuat dari campuran jenis arang yang dihaluskan kemudian dicetak dan dipadatkan. Untuk penggunaan rumah tangga, arang briket biasanya tersedia dalam ukuran yang kecil.

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 Kapan Dibuka, Bunga Rendah dan Proses Pengajuan Mudah

Arang briket umumnya terbuat dari campuran arang kayu, arang batok kelapa, arang serbuk gergaji, arang sekam dan jenis arang lainnya. Arang ini juga mendapat campuran dari tepung kanji sehingga arang bisa dicetak dengan mudah.

Keunggulan arang briket terletak pada nyala api yang cukup lama dan stabil. Arang briket juga tak menyebabkan banyak asap namun harganya cukup tinggi serta masih agak sulit ditemui di pasaran.

2. Arang batok kelapa

Arang batok kelapa ini terbuat dari tempurung kelapa yang sudah dipotong kecil. Bentuknya lempengan dengan warna hitam legam. Arang batok kelapa juga mudah ditemui di pasaran dan kerap diandalkan sebagai bahan bakar untuk pesta BBQ.

BACA JUGA:KUR Mandiri 2024 Tanpa Jaminan Cair hingga Ratusan Juta, Cermati Syarat dan Cara Daftar di Sini

Harga arang ini juga cukup terjangkau. Arang batok kelapa termasuk yang punya kualitas baik karena nyala apinya bertahan lama dan stabil. Arang batok kelapa juga tidak menghasilkan asap yang terlalu banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: