Iklan dempo dalam berita

Konsumsi Air Kelapa Sebabkan Gangguan Ginjal, Begini Penjelasannya dan Ini Waktu Terbaik Minum Air Kelapa Muda

Konsumsi Air Kelapa Sebabkan Gangguan Ginjal, Begini Penjelasannya dan Ini Waktu Terbaik Minum Air Kelapa Muda

Saat mengalami hiperkalemia, ginjal tidak mampu membuang kelebihan kalium dalam tubuh--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Air kelapa berkhasiat untuk melancarkan pencernaan hingga meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, jika minum terlalu banyak konsumsi air kelapa bisa sebabkan gangguan ginjal, begini penjelasannya dan ini waktu terbaik minum air Kelapa muda.

BACA JUGA:Wanita Hamil Wajib Tahu, Manfaat Air Kelapa Muda Baik untuk Janin dan Mengurangi Mual

Air kelapa muda mengandung elektrolit, seperti kalium, sodium, dan mangan, yang tinggi. Namun, tidak selamanya kandungan ini membawa efek yang menguntungkan untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah sangat banyak.

BACA JUGA:Konsumsi Air Kelapa Baik Bagi Kesehatan, Ternyata Ada Manfaat untuk Asam Lambung Loh

Simak bahaya efek samping yang bisa timbul jika minum air kelapa terlalu sering :

1. Gangguan Jantung dan Ginjal

Efek samping air kelapa muda lainnya adalah menyebabkan gangguan pada ginjal dan jantung. Hal ini karena air kelapa muda kaya akan kandungan kalium. Mengonsumsi kalium secara berlebihan dapat menyebabkan kadar kalium dalam darah meningkat (hiperkalemia).

Saat mengalami hiperkalemia, ginjal tidak mampu membuang kelebihan kalium dalam tubuh, sehingga menumpuk dalam darah dan memengaruhi jantung. Penumpukan kalium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur, nyeri dada, bahkan serangan jantung.

BACA JUGA:Konsumsi Secara Rutin! ini Dia 8 Manfaat Minum Air Kelapa Muda Selama 7 Hari yang Akan Kamu Rasakan

2. Penurunan tekanan darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa muda dapat menurunkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi), mengonsumsi air kelapa tentu dapat memberikan manfaat positif.

Namun, lain halnya jika Anda memiliki tekanan darah rendah (hipotensi). Apabila Anda menderita hipotensi atau hendak menjalani operasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi air kelapa muda. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah efek samping air kelapa muda berupa penurunan tekanan darah.

BACA JUGA:Sedang Program Hamil? Manfaat Air Kelapa Bisa Membantu untuk Mendapatkan Keturunan

3. Alergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: