Iklan dempo dalam berita

Begini Cara Cek Bantuan KIS 2024, Bisa dengan Cara Online, Ketahui Juga Syarat dan Ketentuannya

Begini Cara Cek Bantuan KIS 2024, Bisa dengan Cara Online, Ketahui Juga Syarat dan Ketentuannya

Begini Cara Cek Bantuan KIS 2024--foto; ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) merupakan salah satu bantuan Pemerintah yang masih ada di tahun 2024. Setiap orang pasti penasaran apakah masih mendapatkan bantuan tersebut atau tidak. Tak jarang juga beberapa masyarakat yang menanyakan bagaimana cara cek bansos KIS 2024?


Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) bisa mengecek apakah masih mendapatkan bantuan KIS 2024 melalui berberapa cara. Salah satunya lewat HP.


Perlu diketahui, KIS adalah kartu identitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

BACA JUGA:Bansos PIP 2024 Segera Cair, Siswa SD hingga SMA Dapat Dana Bantuan Rp1 Juta, Simak Jadwal Pencairannya


Untuk besar iuran dari PBI-JK ini adalah sebesar Rp42.000 per orang di tiap bulannya. Nantinya, bantuan ini akan langsung diberikan kepada rumah sakit atau pusat layanan kesehatan di wilayah tempat penerima masing-masing.


Bantuan KIS 2024 Apakah Bisa dicairkan?  
Pertanyaan tentang apakah KIS bisa dicairkan atau tidak menjadi hal yang paling sering ditanyakan.  Sebenarnya bantuan KIS 2024 ini tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang kepada sang penerima. Karena bantuan KIS ini bukanlah bantuan layaknya PKH atau BPNT.  

BACA JUGA:Bansos Cair Lagi, Ini Daftar Bantuan yang Disalurkan Pemerintah Awal Tahun 2024

Meskipun bantuan KIS 2024 ini tidak bisa dicairkan, bantuan ini tetap bisa dimanfaatkan apabila sang penerima bantuan menggunakan fasilitas kesehatan di rumah sakit ataupun puskesmas. Jadi, tenang saja walaupun bantuan bukan dalam uang, tetapi fasilitas kesehatan terjamin apabila memanfaatkan penggunaan bantuan KIS 2024 ini.  


Sebelum mengetahui cara cek KIS 2024, terlebih dahulu kamu ketahui syarat dan ketentuan, dengan melengkapi itu semua maka semua dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Apakah Bansos PKH dan BPNT Masih Ada Tahun Depan? Ini Daftar Bantuan Tahun 2024

Lalu, apa saja syarat dan ketentuan cek Bantuan KIS 2024?
Untuk persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan adalah:
1. Nomor peserta BPJS Kesehatan KIS
2. Nomor NIK
3. Nomor KTP


Dengan melengkapi semua syarat dan ketentuan yang sudah di sampaikan tersebut, maka secara otomatis kalian lebih mudah untuk melakukan pengecekan bantuan BPJS Kesehatan KIS. Jika semuanya sudah paham maka langkah berikutnya lakukan beberapa cara untuk mengecek apakah nama kamu masih terdaftar atau tidak.

BACA JUGA:Inilah Daftar Bansos yang Segera Cair Januari 2024, Ada PKH hingga Bantuan Beras


Berikut cara mengecek bantuan KIS 2024:
Cara cek bantuan KIS 2024 ini cukup mudah, bahkan para penerima bisa cek lewat HP masing-masing.  untuk langkah-langkahnya secara lengkap simak dibawah ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: