Iklan dempo dalam berita

Baterai Laptop Boros atau Tidak Tahan Lama? Berikut 10 Tips Merawat Baterai Laptop Lebih Awet

Baterai Laptop Boros atau Tidak Tahan Lama? Berikut 10 Tips Merawat Baterai Laptop Lebih Awet

Cara merawat baterai laptop agar lebih awet--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Baterai laptop adalah salah satu komponen penting yang mempengaruhi kinerja dan mobilitas perangkatmu. Salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam perangkat laptop adalah kerusakan baterai. 

Masih banyak pengguna yang kurang memperhatikan penggunaan laptop mereka sehingga berdampak pada daya tahan baterai yang tidak tahan lama atau cepat rusak.

Kerusakan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor yakni mulai dari kesalahan penggunaan, kesalahan perawatan, kurangnya pemahaman pengguna terhadap cara kerja baterai, hingga habis masa pakainya. 

BACA JUGA:Laptop Cepat Panas? Jangan Khawatir, Berikut 7 Rekomendasi Software Pendingin Laptop Terbaik

Masalah pada baterai dapat membuat laptop cepat rusak jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, perawatan yang tepat dibutuhkan untuk menjaga baterai laptop tetap awet dan tahan lama. 

Berikut tips merawat baterai laptop agar tahan lama:

1. Redupkan Cahaya layar Seminimal Mungkin

Layar adalah salah satu bagian laptop yang menguras daya atau memakan daya yang cukup besar. Menghemat daya ini adalah dengan menurunkan kecerahan cahaya pada layar. 

BACA JUGA:Punya Usaha Berjalan 2 Tahun, Bisa Ajukan Pinjaman Bukan KUR di BRI Plafon Rp250 Juta, Ini Syaratnya

Jika berada di tempat gelap (minim cahaya) pengguna dapat mengurangi tingkat kecerahan layar sampai 50%, dengan begitu baterai bisa lebih hemat lagi. Dengan meredupkan cahaya pada layar maka dapat dengan efektif menambah waktu untuk menggunakan perangkat tanpa listrik.

2. Aktifkan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya dirancang untuk mengantisipasi kehabisan baterai.  Mengaktifkan mode ini menjadi salah satu upaya untuk membuat baterai lebih awet. Berikut cara mengaktifkan mode hemat daya pada laptop atau PC.

Klik ikon baterai yang terdapat di pojok kanan bawah

Klik “Battery settings”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: