Iklan dempo dalam berita

Bayar Tol Tanpa Berhenti Sering Dikeluhkan Pengendara, Ini Kelebihan Sistem Pembayaran MLFF

Bayar Tol Tanpa Berhenti Sering Dikeluhkan Pengendara, Ini Kelebihan Sistem Pembayaran MLFF

Kelebihan sistem bayar tol MLFF--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Di beberapa daerah mulai menerapkan sistem pembayaran tol tanpa harus berhenti. Namun bayar tol tanpa berhenti sering dikeluhkan pengendara, ini kelebihan sistem pembayaran MLFF.

Pemerintah telah resmi menghapuskan penggunaan kartu tol di seluruh gerbang tol pada tahun 2022 lalu. Saat ini pembayaran tol dilakukan dengan sistem transaksi nontunai nirsentuh atau Multilane Free Flow (MLFF).

MLFF adalah sistem pembayaran tol yang memungkinkan kendaraan untuk melewati gerbang tol tanpa perlu berhenti, menggunakan uang tunai, atau menempelkan kartu e-tol. 

BACA JUGA:Bunga 1 Persen, Ini Cara Pengajuan Kredit Rp 15 Juta BRI 2024 Non KUR Cair Hitungan Hari

Sistem ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang dapat mendeteksi lokasi kendaraan dan memotong saldo secara otomatis sesuai dengan tarif tol.

Dengan MLFF, pemerintah berharap dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan transaksi tol, serta mengurangi kemacetan dan antrean di gerbang tol. Sistem ini juga dapat menghemat biaya operasional dan pemeliharaan kartu tol, serta mengurangi risiko kehilangan atau kerusakan kartu tol.

Untuk menggunakan MLFF, pengguna jalan tol harus mendaftarkan kendaraan dan metode pembayaran melalui aplikasi MLFF yang dapat diunduh dari ponsel. 

BACA JUGA:Syarat KUR BRI 2024 Cair Rp 50 Juta, hanya 3,7 Juta yang Bisa Kebagian dan Ditutup September

Aplikasi ini akan terintegrasi dengan data ERI (Electronic Registration and Identification) atau data kepemilikan kendaraan yang dimiliki oleh Korlantas Polri.

Lantas bagaimana pengguna jalan tol dapat melakukan pembayarannya?

Berikut 3 cara bayar tol tanpa berhenti dengan sistem MLFF:

1. E-OBU

Cara pertama adalah dengan menggunakan Electronic on board unit atau E-OBU. Cara bayar tol tanpa berhenti dengan E-OBU ini direkomendasikan bagi yang memiliki smartphone dan jarang bertukar kendaraan dengan orang lain.

BACA JUGA:Syarat KUR BCA 2024 Langsung Cair Rp 150 Juta ke Rekening, Pengajuan Bisa Online, Cepat dan Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: