Iklan dempo dalam berita

Punya Kredit Macet Apa Bisa Mengajukan KUR? Tetap Bisa, Begini Caranya

Punya Kredit Macet Apa Bisa Mengajukan KUR? Tetap Bisa, Begini Caranya

Walaupun kredit macet, tetap bisa ajukan KUR--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMPunya kredit macet apa bisa mengajukan KUR? Tetap bisa, begini caranya. Tidak semua pelaku usaha bisa memperoleh fasilitas kredit KUR BRI.

Beberapa diantaranya mengalami penolakan saat pengajuan. Salah satu penyebab utama yang kerap menjadi penyebabnya karena nasabah pernah macet dalam pembayaran kredit. 

Kredit macet berhubungan dengan kolektibilitas kredit perbankan. Ada banyak penyebab seseorang yang kesulitan membayar cicilan KUR BRI.

BACA JUGA:KUR BRI Rp 100 Juta Tanpa Jaminan hanya akan Cair jika Syarat Berikut Dilengkapi

Mulai dari adanya pengeluaran mendesak, pengurangan pendapatan, hingga gejolak ekonomi nasional atau global yang mempengaruhi pendapatan dan kemampuan membayar angsuran.

Jangan khawatir, ada sejumlah solusi bagi debitur KUR BRI yang macet agar bisa mengajukan pinjaman lagi di masa mendatang. 

Lalu, apa saja solusi cicilan KUR BRI macet?

Sebagai solusi awal, apabila cicilan KUR BRI macet karena terjadi sesuatu yang memang tidak bisa dihindari, debitur bisa menghubungi mantri yang bersangkutan atau jauh lebih baik datang ke kantor BRI untuk berkonsultasi.

BACA JUGA:Tabel Kenaikan Gaji Pensiunan PNS 12 Persen Tahun 2024, Bandingkan dengan Gaji Sebelumnya

Perlu diketahui, alasan yang memperbolehkan debitur untuk tidak memenuhi kewajiban membayar setoran KUR BRI adalah hanya karena Force Majeure atau keadaan memaksa. Yaitu bencana alam yang menyebabkan kehancuran besar dan peperangan.

Di luar itu, apapun yang terjadi nasabah tetap harus memenuhi kewajiban setorannya sesuai dengan perjanjian awal.

1. KUR BRI macet karena alasan debitur meninggal dunia

Jika debitur meninggal dunia maka kewajibannya membayar angsuran KUR BRI harus tetap diselesaikan baik dengan fasilitas asuransi atau jual aset debitur.

Mungkin banyak yang sudah tahu, pinjaman debitur yang telah meninggal dunia tetap harus diselesaikan oleh ahli waris yang bersangkutan. Karena dari awal sudah dijelaskan bahwa KUR itu tidak ada asuransinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: