Iklan RBTV Dalam Berita

Viral dan Dikritik Netizen Lantaran Mahasiswa ITB Bayar UKT Pakai Pinjol, Berikut Tanggapan KM ITB

Viral dan Dikritik  Netizen Lantaran Mahasiswa ITB Bayar UKT Pakai Pinjol, Berikut Tanggapan KM ITB

Mahasiswa ITB Bayar UKT Pakai Pinjol--

Yogi mengatakan, kini banyak mahasiswa yang tidak bisa memilih mata kuliah untuk semester berikutnya karena memiliki tunggakan di semester sebelumnya.

“ITB memaksa cuti teman-teman yang masih memiliki tunggakan dan tidak bisa membayar UKT-nya, bahkan beberapa teman-teman kita ada yang tunggakannya sampai Rp50 juta, sampai Rp100 juta yang bahkan gaji orang tuanya itu cuma UMR,” kata Yogi.

BACA JUGA:Berapa Lama Utang Pinjol Hangus dengan Sendirinya? Ini Risiko Gagal Bayar Pinjol

Di tengah tunggakan itu, kata Yogi, ITB lalu menawarkan opsi kepada mahasiswa untuk melakukan pinjol. Alih-alih memberi manfaat, skema pinjol itu malah memberikan bunga yang sangat besar dan memberatkan mahasiswa.

BACA JUGA:Benarkah Utang Pinjol Hangus dengan Sendirinya? Ini Jawabannya

“Ini sampai 20%. ITB ini kan lembaga pendidikan, bukan lembaga keuangan, kok tega sih memperlakukan mahasiswanya kayak gini,” katanya.

Untuk itu, kata Yogi, KM ITB menolak segala bentuk komersialisasi dari mekanisme pembayaran UKT yang ada di ITB.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Pinjol Sudah Terdaftar OJK, Cek Simulasi Besaran Bunga Pinjol hingga Angsuran Terendah

“Prioritas ITB seharusnya adalah pada membantu mahasiswanya dengan ragam mekanisme yang meringankan, bukan malah mencari keuntungan dengan bekerja sama dengan lembaga pinjaman online berbunga,” katanya.

BACA JUGA:Bunga Pinjol Turun per Januari 2024, Segini Angka Maksimalnya, Pinjam Rp 1 Juta Maksimal Bunga Rp 90 Ribu

Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs Danacita, setiap pinjaman untuk cicilan 12 bulan dikenakan biaya bulanan platform 1,75% dan biaya persetujuan 3%. Kemudian, cicilan enam bulan dikenakan biaya bulanan platform 1,6% dan biaya persetujuan 3%.

BACA JUGA:11 Aplikasi Pinjol Proses Pencairan Cepat dengan Cicilan Bulanan Terdaftar OJK dan Bunga Rendah

Artinya, jika mahasiswa meminjam Rp15 juta, maka estimasi total pengembalian selama enam bulan sebesar Rp16.890.000, sedangkan 12 bulan menjadi Rp18.600.000, dan 18 bulan yaitu Rp20.310.012, serta 24 bulan sebesar Rp22.650.000.

BACA JUGA:5 Menit Cair, Inilah 8 Daftar Pinjol Tanpa Jaminan yang Menawarkan Kemudahan dan Tenor Panjang

Selain ITB, Danacita juga berkerja sama dengan banyak universitas baik swasta maupun negeri, serta lembaga kursus lainnya.

Danacita merupakan platform dengan solusi pendanaan bagi pelajar, mahasiswa, maupun tenaga profesional untuk menempuh studi di lembaga pendidikan tinggi dan program kejuruan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: