Iklan dempo dalam berita

Heboh di ITB karena UKT, Apa Itu Danacita? Seperti Ini Simulasi Angsuran yang Ditawarkan

Heboh di ITB karena UKT, Apa Itu Danacita? Seperti Ini Simulasi Angsuran yang Ditawarkan

Simulasi cicilan Danacita--

Danacita mencantumkan total pendanaan yang selama ini sudah dikeluarkan adalah sebesar Rp375 miliar lebih dengan pengguna sebanyak 27.440. Pengguna aktif dilaporkan mencapai 14.111.

Danacita mengklaim telah menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dan lembaga kursus sebagai mitra dalam layanan pembiayaan pendidikan yang terjangkau.

Di antaranya ialah UGM, ITB, dan UNS. Lalu BSI, Tarumanagara, Paramadina, hingga UIN Sunan Kalijaga.

BACA JUGA:Stylish dan Efisien, Ini Kelebihan dan Simulasi Kredit Mitsubishi Mirage 2024 yang Hemat BBM

Sementara itu, Danacita mencoba untuk melakukan simulasi pinjaman dengan menuliskan nama salah satu universitas mitranya dengan biaya pendidikan yang dibutuhkan Rp7 juta dengan durasi pembayaran 6 bulan.

Hasilnya biaya yang harus dicicil per bulan mencapai Rp1,31 juta dengan estimasi total pengembalian Rp7,8 juta. 

Dengan simulasi tersebut artinya bunga yang dibayarkan per hari mencapai 0,1%. Sementara per bulannya 3,12%. 

Ketentuan bunga tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI), di mana bunga turun bertahap mulai 2024.  

Untuk pendanaan produktif bunga ditetapkan mencapai 0,1% per hari pada Januari 2024. Kemudian pada 2026 dan selanjutnya akan turun menjadi 0,067% per hari.

BACA JUGA:Spesifikasi dan Simulasi Kredit Mobil Suzuki XL7 Hybrid 2024 DP Rp 50 Juta Tenor 60 Bulan

Sementara untuk pendanaan konsumtif, manfaat ekonominya ditetapkan menjadi 0,3% per hari. Disusul pada 2025 menjadi 0,2% per hari, dan 0,1% per hari pada 2026.  

Saat ini, Danacita tak hanya bekerja sama dengan ITB, tetapi juga beberapa kampus kenamaan lainnya di antaranya Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Indonesia (UI), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) dan masih banyak lagi.

Nah, mungkin banyak yang belum mengetahui, selain Danacita, ada juga platform lain yang sama seperti Danacita, yaitu PT Cicil Solusi Mitra Teknologi (Cicil) juga menyediakan layanan cicilan pembayaran uang kuliah untuk mahasiswa. 

Platform tersebut menyediakan simulasi sebelum mahasiswa melakukan cicilan pada website resminya. 

Simulasi cicilan Cicil Bisnis pun mencoba dengan nominal yang sama yakni tagihan uang semester Rp7 juta, tenor 6 bulan, dan uang muka Rp1,4 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: