Iklan dempo dalam berita

Waktu Sholat Dhuha yang Baik Jam Berapa? Jika Tahu Pahalanya, Rugi Meninggalkan Sholat Dhuha

Waktu Sholat Dhuha yang Baik Jam Berapa? Jika Tahu Pahalanya, Rugi Meninggalkan Sholat Dhuha

Waktu terbaik untuk menunaikan Sholat Dhuha--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMWaktu sholat dhuha yang baik jam berapa? Jika tahu pahalanya, rugi meninggalkan sholat dhuha.

Selain sholat wajib 5 waktu yang terdiri dari Subuh, Duhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Islam juga mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa mengerjakan beberapa sholat sunah dengan keistimewaan yang berbeda-beda.

Di antara contoh sholat sunah ialah sholat Dhuha. Seperti sholat sunah lain, Dhuha juga mempunyai batasan waktu. Artinya, sholat ini hanya dikerjakan di waktu tertentu saja. 

Waktu pelaksanaan untuk sholat Dhuha adalah ketika matahari sudah naik, setinggi tonggak hingga berakhir menjelang masuk masuk sholat Duhur. Hal ini berdasarkan hadis dari Abu Ramlah al-Azdi dan Ali,

BACA JUGA:8 Jenis Usaha Prioritas Penerima KUR BCA 2024, Minimal Aktif 6 Bulan

"Beliau telah melihat orang-orang melaksanakan shalat dhuha ketika terbit matahari. Lalu Ali berkata:"Tidakkah mereka meninggalkannya hingga matahari setinggi tombak atau dua tombak. Shalatlah dhuha, karena dia adalah shalat awwabin (orang-orang yang kembali kepada Allah)," (HR. Ibu Syaibah). 

Mengutip dari beberapa sumber, jadwal shalat Dhuha dimulai satu jam setelah matahari terbit (waktu syuruq) yaitu waktunya dimulai sekitar 20 menit setelah matahari terbit hingga 5-10 menit sebelum bergeser ke barat. 

Dalam versi Al-Lajnah ad-Da-imah atau Komisi Fatwa Saudi Arabia, awal waktu sholat Dhuha ialah 15 menit setelah matahari terbit.

BACA JUGA:Tabel Angsuran Pinjol BRI Ceria 2024, Pinjaman Rp 17 Juta Bayar Cicilan Sampai 12 Bulan

Menurut hadis riwayat Muslim dari Zaid bin Arqam, ia melihat orang-orang mengerjakan shalat dhuha (pada waktu yang belum begitu siang).

Maka ia berkata: "Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa shalat dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:"Shalatnya orang-orang yang kembali kepada Allah (al-Awwabin) adalah pada waktu anak-anak unta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari." 

Berdasarkan dari beberapa keterangan di atas, maka awal waktu yang terbaik untuk melaksanakan sholat Dhuha ialah pada saat matahari telah terbit dan sudah mengeluarkan panas atau dimulai sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

BACA JUGA:Samsung Galaxy Tab A9 Dengan Pesona dan Keunggulan Luar Biasa, Seperti Apa Spesifikasinya?

Adapun batasannya adalah menjelang matahari bergeser di barat alias sebelum memasuki waktu sholat Dhuhur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: