Iklan dempo dalam berita

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Dhuha dan Apa saja Keutamaannya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Berapa Jumlah Rakaat Sholat Dhuha dan Apa saja Keutamaannya? Ini Penjelasan Lengkapnya

Niat dan jumlah rakaat sholat dhuha--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berapa jumlah rakaat Sholat Dhuha dan apa saja keutamaannya? ini penjelasan lengkapnya.

Sholat Dhuha adalah salah satu amalan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di pagi hari.

Rasulullah SAW memberikan contoh bahwa sholat Dhuha bisa dikerjakan mulai dari dua hingga 12 rakaat, dengan setiap jumlah rakaat tersebut memiliki keutamaan yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Cek Jadwal serta Daftar Harga Tiket Bus AKAP Agra Mas Mudik Lebaran 2024

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa sholat Dhuha adalah ibadah sunnah yang dikerjakan ketika matahari mulai naik sekitar 7 hasta setelah terbitnya matahari, hingga menjelang waktu sholat zuhur.

Sebagaimana disampaikan oleh Zaid bin Arqam, "Nabi SAW pernah pergi ke Quba dan menemukan penduduknya sedang melaksanakan sholat Dhuha." Beliau pun menjelaskan, "Sholat Dhuha bisa dikerjakan hingga tengah hari ketika panas mulai menyengat." (HR Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi).

Dari hadits ini, kita dapat memahami bahwa sholat Dhuha merupakan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yang memberikan banyak keutamaan bagi yang melaksanakannya. Dengan melaksanakan sholat Dhuha, kita dapat mendapatkan berkah dan keberkahan dari Allah SWT.

BACA JUGA:Naik 110 Persen! Cek Daftar Harga Tiket Bus AKAP PO Haryanto Mudik Lebaran 2024 Jawa Tengah dan Jawa Timur

Sholat Dhuha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, yang dapat dikerjakan dengan jumlah rakaat yang bervariasi, mulai dari 2 hingga 12 rakaat. Jumlah rakaat ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan keinginan setiap individu Muslim.

Berdasarkan kutipan dari buku "Keberkahan Sholat Dhuha, Raih Rezeki Sepanjang Hari Plus Ayat & Doa-Doa Pembuka Rezeki" karya Ustadz Arif Rahman, dalam hadits-hadits Rasulullah SAW dijelaskan bahwa setiap jumlah rakaat sholat Dhuha memiliki keutamaan masing-masing.

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi dari Abu Dzar RA, Rasulullah SAW bersabda, "Jika kamu sholat Dhuha 2 rakaat, maka itu tidak akan dicatat sebagai kelalaian. Jika kamu sholat 4 rakaat, akan dicatat sebagai orang yang berbuat kebajikan (muhsinin). Jika kamu sholat 6 rakaat, akan dicatat sebagai orang yang rajin beribadah. Jika kamu sholat 8 rakaat, akan dicatat sebagai orang yang sukses atau beruntung. Jika kamu sholat 10 rakaat, dosamu tidak akan dicatat di hari itu. Dan jika kamu sholat 12 rakaat, Allah akan membangunkan untukmu sebuah rumah di Surga." (HR al-Baihaqi).

BACA JUGA:Tabel Pinjaman KSM Mandiri 2024, Syarat dan Cara Pengajuan KSM Melalui Livin Mandiri

Niat Sholat Dhuha

Setelah mengetahui jumlah rakaat sholat dhuha, umat Islam bisa mengerjakannya sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: