Iklan dempo dalam berita

7 Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadan yang Dianjurkan, Jangan Sampai Terlewat

7 Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadan yang Dianjurkan, Jangan Sampai Terlewat

Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadan --Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dalam artikel ini akan dibahas terkait 7 amalan jelang bulan puasa Ramadan yang dianjurkan, jangan sampai terlewat. Apa saja amalan ini? Mari simak artikel ini hingga tuntas.

Puasa Ramadan merupakan salah satu momen yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim. Saat bulan Ramadan tiba, umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh sebelum merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Di tahun ini, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau lebaran 2024 jatuh pada bulan April 2024.

BACA JUGA:Si Kecil Belum Juga Lancar Bicara, Berikut Amalan Islami Untuk Anak Cepat Berbicara

Kapan Ramadhan 2024?

Umat Islam menggunakan kalender Hijriah sebagai acuan untuk menetapkan awal puasa Ramadan 2024. 

Kalender Hijriah merupakan sistem penanggalan umat Islam, yang tidak hanya digunakan untuk menentukan awal bulan puasa, tetapi juga untuk merinci tanggal-tanggal penting lainnya, seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, dan lain-lain.

Menurut kalender Hijriah Indonesia tahun 2024 yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, awal puasa Ramadhan 2024 atau tanggal 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 12 Maret 2024 dan berakhir pada tanggal 9 April 2024.

BACA JUGA:Tata Cara dan Waktu yang Tepat Mengamalkan Sholawat Jibril, Amalan Penarik Rezeki Paling Ampuh

Meski begitu, umat muslim tetap harus menunggu keputusan dari sidang isbat untuk menetapkan awal puasa tahun 2024. Umumnya, sidang isbat diadakan secara berdekatan dengan perkiraan awal puasa Ramadhan.

7 Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadhan yang Dianjurkan

Amalan menjelang bulan Ramadan memiliki keutamaan yang besar bagi yang melaksanakannya. Apalagi, di bulan Ramadan nanti segala amal ibadah dilipat gandakan pahalanya. 

BACA JUGA:Amalan Pelaris Dagangan dari Gus Baha, Baca Sebelum Membuka Warung, Dijamin Pembeli Berdatangan

Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan bulan ini sebaik mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: