Iklan dempo dalam berita

15 Amalan yang Dianjurkan Selama Bulan Puasa Selain Shalat, Perbanyak Sedekah hingga Menyegerakan Berbuka

15 Amalan yang Dianjurkan Selama Bulan Puasa Selain Shalat, Perbanyak Sedekah hingga Menyegerakan Berbuka

Amalan yang dianjurkan selama bulan ramadhan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 15 amalan yang dianjurkan selama bulan puasa selain shalat, perbanyak sedekah hingga anjuran menyegerakan berbuka.

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa. Keistimewaan bulan Ramadhan tidak dapat diukur, mulai dari dibukanya pintu surga, ditutupnya pintu neraka, hingga setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah swt. 

Selain memperoleh ganjaran pahala dari ibadah-ibadah wajib, seseorang juga bisa memperkayanya dengan melakukan amalan-amalan sunnah.

Menukil buku Al-Islam karya Said Hawwa, Panduan Muslim Sehari-hari susunan KH M Hamdan Rasyid & Saiful Hadi El-Sutha, dan buku 354 Sunnah Nabi Sehari-hari oleh Raghib As-Sirjani, berikut sejumlah amalan yang bisa dilakukan saat puasa di bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Jangan Mie Instant Terus, Cobain Ini 3 Resep Mie Sehat dengan Rasa Khas yang Lezat, Cocok untuk Buka Puasa

1. Perbanyak Sedekah

أَفْضَلُ الصَّدَقَةِ صَدَقَةٌ فِي رَمَضَانَ

Artinya: Nabi SAW bersabda, "Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang ditunaikan pada bulan Ramadhan." (HR Tirmidzi, dari Abu Hurairah)

2. Ibadah Malam (Qiyamul Lail)

Dapat berupa sholat Tahajud, tadarus Al-Qur'an, berdizikir, hingga berdoa. Sesuai hadits riwayat Ibnu Abbas, Rasul SAW berkata: 

"Barang siapa bangun (mengerjakan qiyamul lail) di bulan Ramadhan dengan dasar iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu akan diampuni oleh Allah SWT." (HR Bukhari & Muslim)

BACA JUGA:Tabel Pinjaman Mandiri 2024 Non KUR Limit Rp 25 Juta, Proses Cair hanya 1 Hari

3. Membaca Al-Qur'an

Nabi SAW menuturkan, "Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan sama dengan sepuluh pahala. Aku tidak memaksudkan Alif, Lam, Mim satu huruf. melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR Darimi & Tirmidzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: