Iklan dempo dalam berita

Kisah Sahabat Nabi yang Batal Puasa karena Lihat Istri, Ini Kebijaksanaan Nabi Muhammad SAW

Kisah Sahabat Nabi yang Batal Puasa karena Lihat Istri, Ini Kebijaksanaan Nabi Muhammad SAW

Kisah sahabat nabi yang batal puasa karena melihat istri--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Kisah sahabat nabi yang batal puasa karena lihat istri, ini kebijaksanaan Nabi Muhammad SAW.

Salah satu kebijaksanaan Nabi Muhammad SAW dalam membimbing umat Islam saat puasa Ramadhan, tercermin dalam sebuah peristiwa yang dituturkan dalam Hadis Riwayat Bukhari yang diperoleh dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu.

Dalam hadis tersebut diceritakan mengenai seorang sahabat Nabi yang membatalkan puasanya. Sebab tidak bisa menahan keinginan syahwat terhadap istrinya pada siang hari di bulan Ramadhan.

Simak dibawah ini penjelasan mengenai nasihat Rasulullah SAW ketika mendengar kisah salah satu sahabatnya yang harus batal puasa, karena tidak kuat menahan syahwatnya ketika melihat istrinya. 

BACA JUGA:Dikenal Sosok yang Cerdas dan Paham Ilmu Kehidupan, Begini Kisah Nabi Idris AS Melihat Surga

Syariat Allah Subhanahu wa ta'ala turunkan kepada umat Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tidak untuk menyulitkan.

Justru sebaliknya, Allah Ta'ala menjadikan ketetapan-Nya agar sesuai dengan kemampuan setiap orang. Hal ini juga ditegaskan dalam Al-Qur'an:

Allah Ta'ala berfirman :

شَهۡرُ رَمَضَانَ الَّذِىۡٓ اُنۡزِلَ فِيۡهِ الۡقُرۡاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَ بَيِّنٰتٍ مِّنَ الۡهُدٰى وَالۡفُرۡقَانِۚ فَمَنۡ شَهِدَ مِنۡكُمُ الشَّهۡرَ فَلۡيَـصُمۡهُ ؕ وَمَنۡ کَانَ مَرِيۡضًا اَوۡ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنۡ اَيَّامٍ اُخَرَؕ يُرِيۡدُ اللّٰهُ بِکُمُ الۡيُسۡرَ وَلَا يُرِيۡدُ بِکُمُ الۡعُسۡرَ وَلِتُکۡمِلُوا الۡعِدَّةَ وَلِتُکَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰٮكُمۡ وَلَعَلَّکُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

"Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS Al Baqarah : 185)

BACA JUGA:Kisah Nabi Muhammad Pertama kali Menjalankan Puasa serta Sejarah Turunnya Perintah Puasa Bulan Ramadhan

Dalam hadis pun, Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam telah mengingatkan tentang hal itu. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya agama (islam) itu mudah, dan tidak ada satu orangpun yang mempersulitnya kecuali ia akan dibuat tak berdaya”. (HR Bukhari)

Dalam hadis lain, Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam menegaskan:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: