Iklan dempo dalam berita

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT! Ini Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT! Ini Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Keutamaan baca al quran selama bulan ramadhan--

Rutin membaca Al-Qur’an di rumah akan membuat rumah tersebut lebih bercahaya. Tak hanya itu, rumah yang senantiasa dibacakan Al-Qur’an akan terasa lebih tenang dan damai.

Keutamaan membaca Al-Quran ini terdapat pada sebuah hadis, di mana Rasulullah SAW bersabda

"Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati."

Bahkan Imam an Nawawi berkata: "Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah SWT (termasuk membaca Al Quran dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya)."

Dalam riwayat at-Tirmidzi juga terdapat sebuah hadis yang berbunyi: "Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah.

BACA JUGA:Syarat Pengajuan KUR BNI Pinjaman Rp20 Juta, Berikut Tabel Cicilan KUR BNI 2024

6. Amalan yang Paling Disukai Allah SWT

Pada suatu hari terdapat seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai amalan yang paling dicintai Allah SWT, Rasulullah pun menjawab,

"Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?" Beliau menjawab, "Al-hal wal murtahal." Orang ini bertanya lagi, "Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal." (HR Tirmidzi).

7. Dimohonkan Ampun oleh Malaikat

Keutamaan membaca Al-Qur’an saat kamu mengkhatamkannya akan membuat 60 ribu malaikat memohonkan ampun untukmu. Hal tersebut disebutkan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

"Ketika seorang hamba mengkhatamkan Al-Qur'an, maka di penghujung khatamnya, sebanyak 60 ribu malaikat akan memohonkan ampun untuknya" (HR. ad-Dailami).

BACA JUGA:KUR Bunga Rendah Cicilan Ringan, Cek Tabel Angsuran KUR Bank Mandiri Pinjaman Rp 10-Rp 50 Juta

Bahkan, untuk orang-orang yang membaca 100 ayat Al-Qur’an dalam satu malam, maka akan dicatat kebaikannya di malam itu juga. Sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Ahmad mengatakan,"Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam."

Demikianlah informasi tentang keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: