Iklan dempo dalam berita

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT! Ini Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Amalan yang Paling Disukai Allah SWT! Ini Keutamaan Membaca Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

Keutamaan baca al quran selama bulan ramadhan--

Keutamaan membaca Al-Qur’an berikutnya adalah terhindar dari godaan setan. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala."  (QS. Faathir: 6).

BACA JUGA:Begini Cara Puasa Weton untuk Rezeki serta Jenis dan Manfaatnya

Tidak hanya itu, sebuah rumah yang di dalamnya dibaca surat Al-Baqarah akan terhindar dari datangnya setan. Dalam sebuah hadis shahih, Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan salat dan membaca Al-Qur’an di dalamnya). Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah."

3. Mendapatkan Syafaat di Akhirat Kelak

Seseorang yang membaca Al-Qur’an akan mendapatkan syafaat di akhirat nantinya. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Al-Qur’an akan datang dan bersaksi pada Allah SWT untuk umat manusia yang rajin membacanya.

Dengan kesaksian inilah Al-Qur’an akan membantu seseorang dengan memberikan kemuliaan di akhirat kelak. 

Keutamaan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadan ini terdapat pada sebuah hadis. Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah Al-Qur'an. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya," (HR. Ahmad)

BACA JUGA:Link Pengajuan KUR BSI Online, Lengkap dengan Tabel Cicilan KUR BSI Pinjaman Rp 25 Juta dan Rp 30 Juta

4. Memberikan Ketenangan Hati

Keutamaan membaca Al-Qur’an berikutnya adalah sebagai obat penyakit hati dan fisik. Membaca Al-quran dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik. Cara yang sering dilakukan untuk mengobati diri dengan melakukan ruqyah.

Allah SWT berfirman, "Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur’an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS al-Israa': 82)

Selain itu, Allah SWT berfirman, "Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran), hati menjadi tenteram."  (QS ar-Ra'du: 28)

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pun bersabda, "Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketenangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya ." (HR. Muslim)

BACA JUGA:Syarat KUR BRI 2024 Terbaru, Pinjaman Rp 50 Juta Cicilan Rp 900 Ribuan, Proses Cair Cepat

5. Rumah Menjadi Bercahaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: