Iklan dempo dalam berita

Makanan Asli Sumsel Pempek, Masuk 5 Besar Seafood Terenak di Dunia, Kalahkan Jepang dan Korsel

Makanan Asli Sumsel Pempek, Masuk 5 Besar Seafood Terenak di Dunia, Kalahkan Jepang dan Korsel

Makanan Asli Sumsel Pempek, Masuk 5 Besar Seafood Terenak di Dunia, Kalahkan Jepang dan Korsel--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Warga Sumatera, khususnya Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) patut berbangga. Pasalnya salah satu makanan aslinya yakni Pempek, berhasil masuk lima besar di daftar makanan seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Tepatnya di posisi keempat. 

Pempek memang sudah dikenal luas. Bahkan seperti seperti menjadi menu wajib bagi warga Palembang Sumsel, atau bagi warga yang datang ke Bumi Sriwijaya tersebut.

BACA JUGA:Gulai Gurita Kering Makanan Khas Orang Kaur, Konsumsi Gurita Juga Bisa Cegah Anemia

Selain Pempek, TasteAtlas juga pernah merilis kalau beberapa makanan khas Indonesia terenak di dunia. Diantaranya rendang, nasi goreng, gado-gado hingga sate. Kuliner tersebut memang enak, dan menjadi langganan makanan warga di Indonesia.

BACA JUGA:Tol Trans Sumatera Selesai, Orang Bengkulu Bisa Balik Hari Makan Pempek ke Palembang

“Kalau ke Palembang wajib makan pempek,” kata Fando, salah seorang warga Bengkulu yang asli Palembang. Pempek yang diolah dari ikan tenggiri atau ikan belida ini tak hanya berhasil merebut hati orang Indonesia, tapi popularitasnya bahkan sampai ke luar negeri.

Dalam rilis situs TasteAtlas, ada 100 makanan seafood terenak di dunia. Ada ratusan makanan dari berbagai negara yang dipilih, salah satunya pempek dari Indonesia yang menempati posisi ke-4 dari 100.

BACA JUGA:Ada Festival Kuliner Tradisional di Agenda Calendar of Events Seluma 2023

TasteAtlas merupakan situs kuliner sekaligus panduan travel yang mengulas budaya dan kuliner di berbagai negara. Salah satunya yang menjadi perhatian TasteAtlas adalah keberagaman kuliner di Indonesia.

Dari situsnya, TasteAtlas menggolongkan pempek ke dalam jenis fish cake atau olahan ikan. Dibuat menggunakan ikan tenggiri yang digiling halus dan tepung tapioka serta bumbu bawang.

BACA JUGA:Pisang Coklat Masih Jadi Makanan Kudapan yang Digemari di Indonesia

"Awal mula terbentuknya pempek dikabarkan bahwa dulu warga Palembang sudah bosan makan ikan goreng atau ikan bakar. Akhirnya mereka mencari alternatif baru untuk mengolah ikan, salah satunya dengan mencincang daging ikan, dicampur dengan tepung tapioka, kemudian digoreng hingga garing dan jadi snack yang enak ini," ujar TasteAtlas dalam ulasannya.

Selain rasanya yang gurih enak, kata ulasan TasteAtlas, pempek ini sudah menjadi warisan kuliner tradisional di Indonesia. Kelezatan pempek berhasil mengalahkan makanan seafood dari negara lainnya. Seperti Maguro Nigiri Sushi dari Jepang, Gamhci Gimbap dari Korea Selatan, Tuna Tartare dari Amerika, hingga Chili Crab yang populer di Singapura.

Di Kota Palembang atau kota-kota besar di Sumsel banyak sekali toko pempek. Pengemasannya sudah modern mengikuti perkembangan zaman. Pempek juga sudah dikirim ke banyak tempat. Diantara yang paling terkenal yakni pempek kapal selam. Karena bentuknya yang besar dan lezat. Makan pempek pakai cuko memang enak. Jadi tak salah kalau TasteAtlas menempatkan makanan ini di lima besar makanan seafood dunia. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: