Iklan dempo dalam berita

TRC Bejigak Urus Orang Gangguan Jiwa, Berikut Jumlah yang Sudah Ditangani

TRC Bejigak Urus Orang Gangguan Jiwa, Berikut Jumlah yang Sudah Ditangani

TRC Bejigak Urus Orang Gangguan Jiwa, Berikut Jumlah yang Sudah Ditangani--

KOTA MANNA, RBTVCAMKOHA.COM- Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Tim Reaksi Cepat Bersih Jiwa Ragaku (TRC Bejigak) fokus pada penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). 

BACA JUGA:Setelah Dicek, Ini Sebab 52 Siswi SMP di BU Lukai Tangan Sendiri

Bahkan TRC Bejigak bertanggung jawab penuh untuk mengurangi angka ODGJ yang berkeliaran. Salah satu cara yang dilakukan oleh petugas Dinsos melalui TRC Bejigak melakukan patroli rutin di 11 kecamatan dan 142 desa. 

BACA JUGA:Banyak Pejabat Mukomuko Belum Lapor Harta Kekayaan. Ada Apa?

Patroli rutin ini sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Bengkulu Selatan untuk menekan jumlah ODGJ yang berkeliaran khususnya ODGJ yang tidak memiliki identitas.

BACA JUGA:Makanan Asli Sumsel Pempek, Masuk 5 Besar Seafood Terenak di Dunia, Kalahkan Jepang dan Korsel

Hasilnya sejak dibentuk beberapa waktu lalu, Dinsos Bengkulu Selatan mencatat ada 30 pasien ODGJ yang sudah ditangani dalam bentuk rawat jalan di RSJKO Bengkulu.

BACA JUGA:SELAMAT..Gubernur Rohidin Terima Penghargaan UHC dari Wakil Presiden

Menariknya dari 30 pasien ODGJ itu diketahui ada yang sudah dinyatakan sembuh total, sehingga Dinsos Bengkulu Selatan mengklaim TRC Bejigak ini sukses menangani pasien yang mengalami gangguan jiwa.

BACA JUGA:Sidang Dugaan Korupsi Replanting, Tuntutan Empat Terdakwa Lumayan Berat

"Kita patroli 24 jam full, yang sembuh banyak juga, jumlah pastinya hampir setengah yang kita antar, ini akan terus kita lakukan, karena mereka (ODGJ) itu juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan hidup yang layak, itu tugas kita bersama," kata Efredi Gunawan, Kadis Sosial Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Data dan Fakta Siswi MTs Hanyut hingga Ditemukan Meninggal Dunia

Selain itu setiap ODGJ yang berhasil diamankan, petugas Dinsos juga langsung melakukan pembersihan di tubuh ODGJ, mulai dari memandikan hingga memberikan pakaian yang layak sebelum dilakukan perawatan medis secara full di RSJKO.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: