Iklan dempo dalam berita

Ada 5 Nabi yang Menyandang Gelar Ulul Azmi, Ini Kisah Nabi Ulul Azmi dan Mukjizatnya

Ada 5 Nabi yang Menyandang Gelar Ulul Azmi, Ini Kisah Nabi Ulul Azmi dan Mukjizatnya

Kisah nabi yang bergelar ulul azmi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ada 5 Nabi yang menyandang gelar Ulul Azmi, ini kisah Nabi Ulul Azmi dan mukjizatnya.

Gelar Ulul Azmi merupakan penghormatan khusus yang diberikan kepada para rasul yang memiliki ketabahan dan keteguhan hati yang luar biasa dalam menyebarkan ajaran tauhid Allah SWT. 

Rasul-rasul yang menyandang gelar Ulul Azmi menempati kedudukan yang sangat tinggi di dalam Islam. Mereka dianggap sebagai teladan yang sempurna dalam menjalankan amanat dan menggapai cita-cita yang mulia. 

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi yang Jasadnya Utuh karena Puasa Ramadhan

Konsep Ulul Azmi menunjukkan bahwa para rasul tersebut memiliki keteguhan hati yang tak tergoyahkan, sehingga mereka mampu menghadapi segala rintangan dan hambatan dengan penuh keyakinan dan keberanian.

Dalam Al-Qur'an, golongan Ulul Azmi disebutkan dalam surat Al Ahqaf ayat 35.

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ اُولُوا الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِلْ لَّهُمْ ۗ كَاَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوْعَدُوْنَۙ لَمْ يَلْبَثُوْٓا اِلَّا سَاعَةً مِّنْ نَّهَارٍ ۗ بَلٰغٌ ۚفَهَلْ يُهْلَكُ اِلَّا الْقَوْمُ الْفٰسِقُوْنَ

Arab latin: Faṣbir kamā ṣabara ulul-'azmi minar-rusuli wa lā tasta'jil lahum, ka`annahum yauma yarauna mā yụ'adụna lam yalbaṡū illā sā'atam min nahār, balāg, fa hal yuhlaku illal-qaumul-fāsiqụn

Artinya: "Maka, bersabarlah engkau (Nabi Muhammad) sebagaimana ulul azmi (orang-orang yang memiliki keteguhan hati) dari kalangan para rasul telah bersabar dan janganlah meminta agar azab disegerakan untuk mereka. Pada hari ketika melihat azab yang dijanjikan, seolah-olah mereka hanya tinggal (di dunia) sesaat saja pada siang hari. (Nasihatmu itu) merupakan peringatan (dari Allah). Maka, tidak ada yang dibinasakan kecuali kaum yang fasik,"

BACA JUGA:Tersiar Kabar Daftar Kendaraan yang Bakal Dilarang Gunakan Pertalite, Kapan Aturan Itu Diberlakukan?

5 Rasul dengan Gelar Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya

Dalam Islam, terdapat 5 rasul yang menyandang gelar Ulul Azmi, yaitu Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW. Kelimanya memiliki mukjizat yang berbeda-beda untuk membuktikan kebenaran ajaran yang mereka bawa.

Berikut ini merupakan pemaparan terkait 5 rasul dengan gelar Ulul Azmi beserta mukjizatnya sebagaimana dirangkum dari arsip detikHikmah.

1. Nabi Musa AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: