Iklan dempo dalam berita

Pertalite akan Dihapus, Pertamina Siapkan Gantinya, Ini Perbedaan Pertamax Green 92 dengan Pertalite

Pertalite akan Dihapus, Pertamina Siapkan Gantinya, Ini Perbedaan Pertamax Green 92 dengan Pertalite

Pertalite bakal dihapus akan digantikan dengan pertamax green--

Bahan bakar bensin dengan angka oktan minimal 92, direkomendasikan untuk kendaraan dengan rasio kompresi antara 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

4. Pertalite

Memiliki angka oktan 90 dan cocok digunakan oleh kendaraan dengan rasio kompresi antara 9:1 hingga 10:1.

Harga Pertalite yang saat ini dijual sebesar Rp 10.000 per liter akan digantikan oleh jenis bensin lain yang dijual lebih mahal, yakni sebesar Rp 13.900 per liter. 

BACA JUGA:Mudik Gratis Lebaran 2024 Pelindo Masih Dibuka, Siapkan Syarat Ini dan Daftar di Sini

Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina Persero, menyatakan bahwa perseroan akan meningkatkan angka oktan dari Pertalite saat ini menjadi RON 92 dengan mencampurkan 7 persen etanol (E7) mulai tahun ini. Hal ini menghasilkan produk baru yang disebut Pertamax Green 92.

Program Langit Biru mendorong peningkatan oktan BBM secara bertahap, dimana pada tahap pertama dilakukan penghapusan BBM RON 88 alias Premium menjadi BBM RON 90 alias Pertalite dua tahun lalu. 

Pada tahap kedua, diusulkan untuk mengganti BBM RON 90 alias Pertalite menjadi BBM RON 92 alias Pertamax. Jika usulan ini disetujui pemerintah, Pertalite akan digantikan oleh Pertamax Green 92.

Nicke mengusulkan agar Pertamax Green 92 masuk dalam kategori bahan bakar minyak (BBM) yang disubsidi oleh pemerintah, namun pergantian dari Pertalite ke Pertamax Green 92 masih menjadi kajian internal Pertamina.

Menurut Nicke, kajian tersebut dilakukan untuk menghasilkan kualitas BBM yang lebih baik, karena bahan bakar dengan kadar oktan yang lebih tinggi akan semakin ramah lingkungan.

BACA JUGA:Ini Daftar Kota dan Kabupaten Tujuan Mudik Gratis Lebaran 2024 Jasa Raharja, Ada Bus dan Kereta Api

Penggunaan Pertamax Green 92 dinilai lebih ramah lingkungan sejalan dengan upaya pemerintah untuk mencapai nol emisi karbon (net zero emission/NZE) pada tahun 2060.

"Kami mengusulkan ini karena itu lebih baik. Jika dengan harga yang sama tetapi masyarakat mendapatkan yang lebih baik, dengan nilai oktan (RON) yang lebih tinggi sehingga untuk mesin juga lebih baik, sekaligus emisinya juga menurun, mengapa tidak?," tutup Nicke.

Jika nantinya benar Pertalite yang dijual seharga Rp 10.000 per liter dihapus, akan digantikan oleh Pertamax Green 92 yang dijual dengan harga Rp 13.900 per liter.

Berikut kiat eksplor secara mendalam untuk memahami perbedaan yang esensial antara Pertalite dan Pertamax Green 92. Pertama-tama, perbedaan yang paling mencolok adalah terletak pada nilai oktan keduanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: