Iklan dempo dalam berita

Tarif Tol Jakarta Cikampek dan MBZ Naik! Berikut Daftar Tarif Tol Jakarta-Cikampek Terbaru 2024

Tarif Tol Jakarta Cikampek dan MBZ Naik! Berikut Daftar Tarif Tol Jakarta-Cikampek Terbaru 2024

Tarif tol Jakarta-Cikampek terbaru 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tarif tol Jakarta Cikampek dan MBZ naik! Berikut daftar tarif tol Jakarta-Cikampek terbaru 2024.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) dan anak usahanya, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT), telah mengumumkan rencana penyesuaian tarif tol untuk rute Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang akan berlaku efektif mulai 9 Maret 2024.

Ria Marlinda Paallo, Vice President Corporate Secretary and Legal Jasa Marga, menjelaskan bahwa keputusan penyesuaian tarif juga mencakup Jalan Tol MBZ.

BACA JUGA:Jangan Nambah, Ini Jadwal Libur Lebaran PNS Lengkap serta Jadwal Cuti Bersama

Menurut Ria, PT JTT sebagai pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) sebagai pengelola Jalan Layang Mohamed Bin Zayed (MBZ) telah melakukan berbagai peningkatan, termasuk penambahan lajur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta penyediaan fasilitas emergency parking bay di Jalan Layang MBZ.

Lebih lanjut, Ria merinci bahwa sebelum secara resmi melakukan penyesuaian tarif, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) telah melaksanakan proyek peningkatan kapasitas jalan tol dari 3 lajur menjadi 4 lajur sepanjang 18,2 kilometer. 

Langkah peningkatan kapasitas ini dirancang dengan tujuan meningkatkan kelancaran lalu lintas dengan mengurangi kepadatan kendaraan, khususnya setelah titik KM 48 arah Cikampek yang sering mengalami kemacetan akibat pertemuan dua arus lalu lintas dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang Mohamed Bin Zayed.

BACA JUGA:Syarat Pinjaman Pensiunan BTPN, Bisa Pinjam Rp 100 Juta Langsung Cair, Jangka Waktu Kredit Lebih Panjang

Terkait dengan proyek tersebut, Ria menambahkan bahwa peningkatan layanan juga dilakukan di Jalan Layang MBZ dengan penyediaan emergency parking bay di empat titik lokasi, yaitu KM 21 dan KM 41 arah Cikampek, serta KM 40 dan KM 22 arah Jakarta.

"Semua inisiatif dilakukan untuk memenuhi kebutuhan keamanan pengguna jalan saat menghadapi kondisi darurat di tol layang," ujarnya.

Sementara itu, penyesuaian tarif integrasi didasarkan pada pertimbangan inflasi untuk Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari periode September 2016 hingga Desember 2023, serta hitungan inflasi untuk segmen Jalan Layang MBZ dari periode Oktober 2020 hingga Desember 2023.

BACA JUGA:Kredit HP Syarat Cukup KTP, Berikut Daftar 10 Aplikasinya, Anti Ribet Tanpa Budget Besar

Penyesuaian tarif integrasi untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 250/KPTS/M/2024 tanggal 2 Februari 2024 tentang Penyesuaian Tarif Integrasi Pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. 

Dengan demikian, besaran penyesuaian tarif integrasi jarak terjauh dengan sistem terbuka pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Layang MBZ dapat ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: