Iklan dempo dalam berita

Selangkah Lagi Duduk di Kursi KPU Provinsi, 20 Peserta Seleksi Mulai Jalani Tes Wawancara

Selangkah Lagi Duduk di Kursi KPU Provinsi, 20 Peserta Seleksi Mulai Jalani Tes Wawancara

Seleksi komisioner KPU Provinsi Bengkulu memasuki tes wawancara--

BENGKULU, RBTVCAMKOHA.COM – Seleksi Komisioner KPU Provinsi Bengkulu menyisahkan 20 peserta. Selangkah lagi, 5 diantara 20 nama ini akan ditetapkan sebagai komisioner KPU Provinsi Bengkulu. Namun sebelum terpilih, 20 peserta ini sejak Minggu siang (19/3) mulai mengikuti rangkaian tes wawancara.BACA JUGA:Pasar Bawah Berdarah, Warga Padang Niur Meninggal Dunia Ditusuk 4 OTD

Tes ini akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari Minggu hingga Selasa (21/3) nanti. Dalam satu hari ada tujuh peserta yang akan mengikuti tes wawancara. Sedangkan untuk urutan tes, berdasarkan abjad nama peserta. 

Tujuh peserta yang mengikuti tes wawancara hari pertama yakni Alpin Samsen, Brotoseno, Darlinsyah, Debisi Ilhodi, Debi Harianto, Debi Irawan dan Dodi Hendra Supiarso. 

BACA JUGA:Ini Kronologis Penusukan di Pasar Bawah, Masalahnya Sepele

"Hari ini kita lakukan tes wawancara untuk 20 peserta. Namun kita bagi bertahap dari Minggu, Senin dan Selasa," terang Ketua timsel Komisioner KPU Provinsi, Firnandes Maurisya. 

Dalam tes wawancara ini ketua dan anggota timsel yang bertanya langsung kepada peserta. Materi yang ditanyakan seputar kepemiluan dan tugas sebagai komisioner KPU. 

BACA JUGA:Seluruh Karaoke dan Cafe Dirazia Imbas Tragedi Berdarah di Pasar Bawah

Satu peserta diberi waktu wawancara selama satu jam. Namun jika ada banyak yang harus digali, maka bisa lebih dari satu jam. "Diberikan waktu satu jam, 60 menit. Namun sifatnya fleksibel," ujar Firnandes. 

Ditambahkan Firnandes, ada lima poin yang akan digali salam tes wawancara. Yakni terkait pengetahuan kepartaian, pengetahuan kepemiluan, rekam jejak peserta dan materi tanggapan dari masyarakat. 

"Ada lima poin yang dipertanyakaan, diantaranya soal kepartaian, kepemiluan, rekam jejak hingga soal tanggapan masyarakat," tambah Firnandes. 

BACA JUGA:Kawasan Wisata Kepala Siring Bengkulu Utara Nyaris Memakan Korban

Nantinya hasil wawancara ini akan digabungkan dengan hasil tes kesehatan. Untuk tes kesehatan, hasilnya saat ini sedang diproses oleh Mabes TNI dan akan diserahkan pada H-1 pengumuman, kepada timsel. Lalu oleh timsel akan diolah dan dikalkulasikan dengan hasil tes wawancara.  

Dari 20 nama peserta seleksi ini, hanya 10 nama peserta yang lolos. Sepuluh nama tersebut akan disampaikan kepada KPU RI. Selanjutnya 5 dari 10 nama diusulkan akan ditetapkan sebagai komisioner KPU Provinsi Bengkulu

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: