Iklan dempo dalam berita

Sempat Jadi DPO, Bagaimana Status Terbaru Aiptu FN Pasca Tembak Debt Collector di Palembang?

Sempat Jadi DPO, Bagaimana Status Terbaru Aiptu FN Pasca Tembak Debt Collector di Palembang?

Status Aiptu FN terbaru, pelaku penembak debt collector--

BACA JUGA:Sosok yang Ditakuti, Ternyata Ini Raja Debt Collector dari Indonesia dari Timur

2. Pastikan Kartu Sertifikasi yang Dimiliki Debt Collector Sesuai

Debt collector wajib memiliki sertifikasi dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). Hal ini ditetapkan di peraturan OJK nomor 35 tahun 2018 tentang penyelenggaraan usaha pembiayaan.

Saat bertugas, debt collector harus menunjukkan sertifikat profesinya kepada pihak tertagih. Jika tidak, mereka dapat dikenakan sanksi.

Tak hanya sertifikat, debt collector juga wajib membawa sejumlah dokumen seperti surat tugas dari perusahaan pembiayaan, fotokopi sertifikat jaminan fidusia, serta bukti dokumen peminjam wanprestasi.

Hal ini untuk memastikan bahwa proses penagihan sesuai dengan peraturan yang berlaku sehingga menjadi langkah penting dalam mengetahui cara menghadapi debt collector.

BACA JUGA:Pinjaman Dana Tunai Tanpa Takut Riba, Simak Cara Pinjam Uang Pegadaian Rp 10 Juta Tanpa Jaminan

3. Ikuti Permintaan dan Arahan dengan Baik

Jika identitas dan kartu sertifikasi sudah lengkap, cara menghadapi debt collector selanjutnya adalah dengan mengikuti permintaan dan arahan yang mereka berikan dengan baik.

Perlu kamu sadari bahwa mereka datang dengan tujuan menjalankan tugas profesi untuk menagih tunggakan yang kamu miliki.

Jika mereka melakukan penagihan secara baik, maka kamu diharapkan dapat merespon dengan baik juga sebagai cara menghadapi debt collector yang aman.

Pastikan percakapan tetap berjalan kondusif. Jika kamu memiliki dana untuk segera melunasi utang, maka akan lebih baik jika pembayaran dilakukan saat itu juga.

Namu jika belum, jelaskan kondisi keuangan serta alasan dengan rinci dan tenang. Berikan juga estimasi kemampuan kamu dalam melunasi utang.

BACA JUGA:Pinjaman Biaya Pendidikan Hingga Rp 100 Juta, Bisa Ajukan di BCA, Ini Syaratnya

Kamu direkomendasikan memiliki layanan manajemen utang yang dapat membantu mengatur keuangan serta menentukan target penyelesaian utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: