Iklan dempo dalam berita

UMKM di Pedesaan Berpotensi dan Menguntungkan, Ini Daftar 7 Contoh Usahanya, Lengkap dengan Tips Supaya Untung

UMKM di Pedesaan Berpotensi dan Menguntungkan, Ini Daftar 7 Contoh Usahanya, Lengkap dengan Tips Supaya Untung

UMKM di Pedesaan Berpotensi dan Menguntungkan, Ini Daftar 7 Contoh Usahanya, Lengkap dengan Tips Supaya Untung--

BACA JUGA:Awas Kantong Jebol Usai Lebaran, Simak 7 Tips Mengatur Keuangan saat Lebaran Agar Hemat

3. Pertamini

Kemudahan dalam mendapatkan kendaraan bermotor kini sudah menyentuh masyarakat pedesaan. Hampir di setiap rumah ada setidaknya satu sarana transportasi dengan menggunakan mesin. 

Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan mendirikan Pertamini. Pom bensin dengan skala kecil yang tentunya akan disambut antusias oleh masyarakat sekitar yang tak perlu jauh-jauh menempuh perjalanan ke kota demi mengisi bahan bakar kendaraan mereka.

BACA JUGA:Berikut Ini Alat Canggih untuk Melihat Hilal yang Kerap Digunakan di Indonesia

4. Usaha bengkel kendaraan

Dengan semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor di pedesaan, semakin diperlukan pula usaha bengkel untuk kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Besaran modal tentu disesuaikan dengan kemampuan individu. Bila ingin memulai dari awal, bekali diri dengan kemampuan mekanik dan lakukan pekerjaan sendiri. 

Sementara pengusaha dengan modal lebih besar bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa yang memiliki skill mekanik.

BACA JUGA:Bukan ke Bank, Begini Cara Mendapatkan Pinjaman Ultra Mikro BRI Sampai Rp 10 Juta di Agen BRILink

5. Usaha kerajinan

Daerah pedesaan memiliki sumber daya yang besar bagi UMKM yang bergerak di sektor kerajinan tangan. Banyak bahan yang bisa Anda dapatkan dengan lebih mudah dan lebih dekat. 

Mulai dari kayu, tanah liat untuk gerabah, keramik, serat dari tanaman, dan lain sebagainya. Tak heran bila usaha kerajinan menjadi salah satu contoh UMKM di desa yang cocok untuk pribadi-pribadi terampil.

BACA JUGA:Tabel Pinjaman UMi Rp 7 Juta Lengkap dengan Jumlah Angsuran, Pelaku Usaha Kecil Bisa Ajukan Pinjaman di Sini

6. Warung internet

Internet kini sudah mencapai desa, tapi tidak semua orang memiliki sarana untuk memanfaatkannya. Ini bisa jadi peluang bagi Anda yang ingin membuka usaha Warung Internet (Warnet). Tinggal sediakan seperangkat komputer yang terhubung dengan internet, yang memungkinkan pengguna berseluncur di dunia maya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: