Iklan dempo dalam berita

Ini 6 Amalan Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah Sebelum Sholat Idul Fitri

Ini 6 Amalan Sunnah yang Dianjurkan Rasulullah Sebelum Sholat Idul Fitri

Amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah sebelum sholat Idul Fitri--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini 6 amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah sebelum sholat Idul Fitri.

Dalam menyambut kedatangan moment penuh berkah yang disebut Lebaran, hari raya Idul Fitri, sebuah peristiwa yang ditandai oleh kedekatan spiritual dan kebersamaan umat Muslim.

Namun, ada amalan sunnah yang sering dikerjakan oleh baginda Rasulullah sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Apa saja amalannya? Simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah sebelum sholat Idul Fitri.

BACA JUGA:Cara Cepat Cairkan Dana KUR Bank Mandiri Tanpa Jaminan Plafon Rp 10 Juta, Cek Syarat dan Ketentuannya

Saat Idul Fitri, umat islam akan merayakannya dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Dimana terdapat juga ibadah khusus yang hanya dilakukan saat Lebaran, yakni sholat Idul Fitri atau biasa disebut sholat Id yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal saat pagi hari. Biasanya sholat ini dilakukan secara berjama’ah di masjid ataupun di tanah lapang.

BACA JUGA:Kalimat Takbir Idul Fitri Berdasarkan Sunnah Nabi Muhammad SAW, Lengkap hingga Waktu Mengamalkannya

Berikut ini 6 amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah sebelum sholat Idul Fitri.

1. Membersihkan Diri dengan Mandi Sebelum Sholat Idul Fitri (H.R Al-Baihaqi 3:278) 

Menjaga kebersihan tubuh sebagai manifestasi dari ajaran yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW merupakan prinsip fundamental dalam praktik keagamaan umat Islam. Dalam konteks persiapan menjelang pelaksanaan sholat Idul Fitri, sebuah tindakan yang disunnahkan dan dianjurkan secara sunnah adalah melakukan ritual membersihkan diri melalui mandi besar. 

Terdapat bukti dalam hadis yang diriwayatkan oleh para ulama, khususnya dalam H.R Al-Baihaqi 3:278, yang menegaskan keutamaan dari tindakan membersihkan diri sebelum pelaksanaan ibadah besar seperti sholat Idul Fitri. Oleh karena itu, proses mandi besar sebelum sholat Idul Fitri bukan hanya merupakan kewajiban ritual, tetapi juga merupakan ekspresi dari pengabdian dan kesadaran spiritual yang mendalam bagi umat Islam.

BACA JUGA:KUR BCA Rp 10 Juta Tanpa Jaminan Lebih Mudah Cairnya, Siapkan Syaratnya dan Ajukan Sekarang

2. Menghias Diri dan Menggunakan Pakaian yang Terbaik (H.R Ibnu Khuzaimah) 

Dalam ajaran yang diteruskan melalui hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, salah satu aspek yang disunnahkan adalah pentingnya menjaga penampilan yang bersih, teratur, dan baik. Khususnya dalam momen penting seperti pelaksanaan sholat Idul Fitri, disunnahkan bagi umat Islam untuk menghias diri dengan menggunakan pakaian yang terbaik. 

Tindakan ini tidak hanya merupakan upaya untuk memperindah diri secara fisik, tetapi juga menjadi ekspresi dari kegembiraan dan kesyukuran atas berakhirnya bulan Ramadan yang penuh dengan ibadah dan pengorbanan. Dengan demikian, menghias diri dengan pakaian yang terbaik sebelum sholat Idul Fitri bukanlah semata-mata sebuah kebiasaan, melainkan merupakan simbol dari semangat meriah dalam merayakan kemenangan spiritual setelah menjalani sebulan penuh berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: