Iklan RBTV Dalam Berita

Infaq Menjadi Amalan Ibadah yang Sangat Dimuliakan Allah SWT, Berikut 6 Manfaat Infaq yang Luar Biasa

Infaq Menjadi Amalan Ibadah yang Sangat Dimuliakan Allah SWT, Berikut 6 Manfaat Infaq yang Luar Biasa

6 Manfaat Infaq yang Luar Biasa--

BACA JUGA:Apakah Sebelum Sholat Idul Fitri Wajib Sarapan? Simak Penjelasannya di Sini

2. Memperoleh Balasan Surga di Akhirat

Seseorang yang menginfaqkan sebagian rezekinya akan memperoleh manfaat dari Allah SWT berupa balasan surga di akhirat kelak. Hal ini sebagaimana dalam surat Ar-Ra'd ayat 22-23, Allah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ صَبَرُوا ابْتِغَاۤءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَاَقَامُوا الصَّلٰوةَ وَاَنْفَقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً وَّيَدْرَءُوْنَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِۙ جَنّٰتُ عَدْنٍ يَّدْخُلُوْنَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ اٰبَاۤىِٕهِمْ وَاَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيّٰتِهِمْ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ يَدْخُلُوْنَ عَلَيْهِمْ مِّنْ كُلِّ بَابٍۚ

Artinya: "Orang-orang yang bersabar demi mencari keridhaan Tuhan mereka, mendirikan sholat, menginfaqkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi-sembunyi atau terang-terangan, dan membalas keburukan dengan kebaikan, orang-orang itulah yang mendapatkan tempat kesudahan (yang baik). (Yaitu) surga-surga 'Adn. Mereka memasukinya bersama orang saleh dari leluhur, pasangan-pasangan, dan keturunan-keturunan mereka, sedangkan malaikat-malaikat masuk ke tempat mereka dari semua pintu." (QS Ar-Ra'd: 22-23).

BACA JUGA:Pahami Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Sholat Idul Fitri

3. Mendapatkan Ketenangan Hati dan Kelapangan Jiwa

Infaq juga akan memberi manfaat berupa ketenangan hati dan kelapangan jiwa bagi orang yang melakukannya. Allah SWT telah menyatakan ini dalam firmannya pada surat Al-Baqarah ayat 274:

اَلَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ بِالَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً فَلَهُمْ اَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْۚ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ

Artinya: "Orang-orang yang menginfaqkan hartanya pada malam dan siang hari, baik secara rahasia maupun terang-terangan, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa takut pada mereka dan tidak (pula) mereka bersedih." (QS Al-Baqarah: 274).

BACA JUGA:Berikut Contoh Khutbah Sholat Idul Fitri Penuh Hikmah agar Saling Memaafkan

4. Mendapat Balasan yang Lebih Baik

Infaq juga akan mendatangkan balasan yang lebih baik dari yang dimiliki sebelumnya. Tentunya, seseorang yang melakukan infaq harus ikhlas dengan niat meraih ridha Allah SWT. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 121:

وَلَا يُنْفِقُوْنَ نَفَقَةً صَغِيْرَةً وَّلَا كَبِيْرَةً وَّلَا يَقْطَعُوْنَ وَادِيًا اِلَّا كُتِبَ لَهُمْ لِيَجْزِيَهُمُ اللّٰهُ اَحْسَنَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: "Tidaklah mereka memberikan infaq, baik yang kecil maupun yang besar, dan tidak (pula) melintasi suatu lembah (berjihad), kecuali akan dituliskan bagi mereka (sebagai amal kebajikan) untuk diberi balasan oleh Allah (dengan) yang lebih baik daripada apa yang selama ini mereka kerjakan." (QS At-Taubah: 121).

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Takbir saat Idul Fitri, Salah Satunya Dapat Mendatangkan Banyak Pahala dan Rezeki

Selain itu, dalam salah satu hadits, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Tidak ada suatu hari dimana seseorang melewati pagi harinya, melainkan ada dua malaikat yang turun. Malaikat yang pertama berkata, 'Ya Allah, berilah pengganti kepada orang yang berinfaq.' Kemudian malaikat kedua berkata, 'Ya Allah, timpakanlah kerusakan kepada orang yang pelit.'" (HR Al-Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Bagian Budaya Indonesia, Begini Cara Sungkem Lebaran yang Benar dan Hukumnya Menurut Islam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: